HOME ABOUT US KESAKSIAN AGENDA GEREJA LINK CONTACT US



 

Derap Remaja Edisi 44
Juli-Desember 2018
Bahan Pembinaan Remaja Gereja Kristen Indonesia


Pembayaran dapat dilakukan dengan 2 cara :

1. Via Bank:
Tahapan BCA no. 0372999053, an. Wisnu Sapto Nugroho
Segera kirimkan pemberitahuan pengiriman bank.
2. Via Pos Wesel:
dengan cara memakai blangko yang dilampirkan dalam surat pengantar.
Pdt. Wisnu Sapto Nugroho, Samirono Baru 71 Kompleks LPPS Yogyakarta 55281

Alamat Sekretariat & Distribusi DERAP REMAJA:
Samirono Baru 71 Kompleks LPPS Yogyakarta 55281

Harga per eksemplar Rp. 40.000,-

 

Desember 
Hal-hal Akhir

 

•Kebangkitan Tubuh: Tubuh yang Mana?• Harmagedon • Antikristus •Pengharapan Kedatangan Anak Manusia • Langit Baru, Bumi Baru

 

Fokus
_____________________

 
Dalam Perjanjian Baru terdapat istilah antikristus. Istilah itu sering menjadi perdebatan.Tidak jarang istilah itu digunakan secara tidak tepat karena berbagai penafsiran dan pemaksaan terhadap tafsiran pada istilah itu. Bagaimana dengan remaja Kristen masa kini?Apa yang mereka pahami dengan istilah antikristus? Melalui pelajaran ini, remaja memahami arti antikristus dan dapat menjelaskan maknanya dalam kehidupan masa kini.
 

Penjelasan Teks
_____________________


Istilah antikristus hanya ditemukan pada surat Yohanes. Dalam surat ini istilah antikristus disebut sebanyak 5 kali (I Yoh. 2:18 (2 x), 2:22,4:3, 2Yoh. 1:7). Surat ini ditulis pada parohan abad pertama. Pada saat kitab ini ditulis, pemikiran tentang antikristus sedang marak dibicarakan di kalangan orang-orang Kristen. Selain dalam kitab I Yohanes, istilah antikristus terdapat dalam tulisan-tulisan yang disebut apokaliptik.Tulisan-tulisan apokaliptik terbit dalam waktu yang berdekatan dengan penulisan surat Yohanes.

Setiap istilah terkait dengan konteksnya. Misalnya di sekitar tahun 1966-an, istilah "dijemput" memiliki makna yang berbeda dengan sekarang.Tahun itu, istilah dijemput mengandung makna dipanggil paksa oleh aparat militer dan siap-siap mendapat hukuman. Demikian juga dengan istilah antikristus. Di saat Yohanes menulis suratnya. istilah ini dilatarbelakangi oleh situasi kehidupan umat yang berat. Beratnya hidup karena kejahatan dan kekejaman penguasa kekaisaran Roma. NamaŹnama yang berkuasa saat itu adalah:Tiberius, Caligula, Nero, Dominitianus. Para penguasa itu menyamakan diri dengan Allah. Karena mereka menyamakan diri dengan Allah, mereka menuntut disembah. Di antara penguasa yang meminta dirinya disembah ada pula yang mendirikan patung di Bait Allah di Yerusalem untuk menjadi sesembahan. Orang-orang yang menolak menyembah kaisar dan patung-patung buatannya akan mendapat hukuman.Tidak sedikit orang Kristen yang dibunuh karena mereka menolak menyembah Kaisar.
Surat Yohanes dituliskan pada saat gereja menghadapi situasi seperti itu. Di sisi lain, gereja sedang mengalami guncangan karena ada orang-orang yang disebut sebagai antikristus di dalam jemaat.

Antikristus muncul dari dalam dan dari luar persekutuan orang percaya. Mereka yang disebut antikristus dari luar persekutuan memiliki ciri-ciri yang jelas, yaitu mengaku diri sebagai allah dan bertindak tiran. Bagaimana dengan antikristus di dalam jemaat? Dalam suratnya,Yohanes memang tidak menyebutkan ciri-ciri yang mendetail. Namun demikian, kita bisa mencermati seperti apa antikristus yang dimaksud oleh Yohanes. Supaya bisa mencermatinya, setiap orang mesti melakukan pengujian terhadap setiap roh sebab banyak nabi-nabi palsu yang muncul di seluruh penjuru dunia (I Yoh. 4: 1 ). Nabi-nabi palsu itu menolak bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia (I Yoh. 4:2,5).

Berdasar I Yohanes 4:1-6, berikut ciri-ciri antikristus.
1. Menolak bahwa Yesus adalah Kristus
2. Menolak karya Bapa dan Anak
3. Menolak pemahaman Yesus Kristus datang dalam rupa manusia (menjadi daging)
4. Menolak bahwa ada kesatuan real antara Allah dan manusia
S. Menolak kasih Allah dan menolak hidup dalam kasih
6. Mengaku mengenal Allah, namun tidak menuruti perintah Allah

Dalam suratnya,Yohanes mengajarkan agar setiap orang Kristen tidak takut dengan ajaran-ajaran antikristus di sekitar mereka.Alasan tidak perlu takut karena kehidupan orang Kristen adalah dalam persekutuan dengan Roh Allah yang memerdekakan. Roh Allah dalam diri pengikut Kristus lebih besar daripada roh-roh dari dunia ini. Maka dari itu setiap orang yang berasal dari Allah dipanggil untuk mendengarkan Allah. Barangsiapa mendengarkan Allah dan mewujudkan kasih Allah, ia bukan antikristus.
Antikristus disebut sebagai orang yang mengaku diri mengenal Allah, namun tidak mau menuruti perintah Allah.Yohanes menyebutkan perintah Allah itu seperti yang tertulis dalam I Yohanes 4:7- 8,"Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah, dan setiap orang yang mengasihi, lahir dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih".

Pengenaan
____________________


Dalam kehidupan orang Kristen, istilah antikristus muncul timbul dan tenggelam. Pada masa Yohanes menyampaikan suratnya, antikristus muncul dari dua sisi. Dari luar jemaat karena kaisar Roma yang minta
dijadikan sesembahan. dalam jemaat,
antikristus muncul dengan ajaran-ajaran sesat seperti penolakan terhadap ajaran yang menyebutkan bahwa Yesus berasal dari Bapa. Ia adalah Tuhan yang menjadi manusia.Antikristus juga mengajarkan hidup tanpa kasih. Dengan demikian, kita bisa menyimpulkan bahwa antikristus itu bukan dalam bentuk-bentuk tertentu seperti ujaran yang pernah beredar di sekitar kita bahwa antikristus itu angka 666. Bukan juga dalam bentuk-bentuk tertentu.Antikristus yang sering tidak diwaspadai adalah kehidupan yang jauh dari kasih.
 

Mengingat istilah ini timbul dan tenggelam, remaja Kristen mesti bersiap diri manakala istilah ini menjadi perbincangan. Kesiapan diri yang dimaksud adalah memiliki pemahaman yang baik serta menghindari sikap-sikap tidak tepat sebab istilah ini bisa digunakan sebagai alat propaganda atau penghakiman terhadap pihak-pihak tertentu (contoh tentang hal ini ada pada ilustrasi).

Langkah-langkah Penyampaian
___________________________


1.Tanyakan pada remaja, pernahkah mendengar istilah antikristus? Apa yang remaja pahami dengan antikristus?
2. Ajak remaja membaca I Yohanes 4:1-7.
3. Sampaikan pada remaja sejarah munculnya istilah antikristus dan anjuran Yohanes pada pembaca suratnya.
4. Berikan penekanan pada remaja bahwa antikristus pada masa kini bisa jadi ada di sekitar kita yaitu mereka yang anti berbuat kasih.
5. Akhiri penyampaian dengan mengajak remaja membangun kehidupan dalam kasih sebagaimana dinyatakan dalam I Yohanes 4:7-8.

Kegiatan
_____________________

Menganalisis film

Film diambil dari https://www.youtube.com/watch?v=5q8JQWcn_YM

Pada review film ini disebutkan: menyingkap makna sebenarnya dibalik simbol dan lambang 3 jari yang beberapa kali terlihat digunakan oleh pemimpin kontroversial dunia dan juga calon pemimpin di Indonesia.
Mintalah remaja mengkritisi film ini. Benarkah antikristus itu terkait dengan simbol-simbol macam itu semata? Berikan alasan dan komentar.
Usai melakukan kegiatan, berikan penegasan pada remaja bahwa tindakan-tindakan menghakimi sesama dengan memakai simbol atau istilah tertentu (misal antikristus) mesti dihindari. Bila menemukan gejala-gejala antikristus di tengah masyarakat, hindari bersikap gegabah, menilai, menghakimi tanpa melakukan kajian terlebih dahulu.Akhirnya, ketika "melawan" tindakan antikristus mestinya dengan cara yang berbeda dengan mereka sebab bila melakukan hal sama sama dengan mereka, kita sama juga dengan antikristus.
 

Ilustrasi
_____________________

 
Paus pernah disebut sebagai antikristus oleh reformator gereja. Sekitar abad XVI, Paus memiliki kewenangan yang amat besar terhadap gereja. Di saat situasi gereja terpuruk, Paus punya gagasan membuat surat pengampunan dosa dan memperjualbelikan surat itu. Marthin Luther merasa bahwa tindakan itu bukan kehendak Allah. Maka Luther menyebut Paus sebagai antikristus. Bagaimana dengan sekarang? Sekarang dalam relasi gereja Protestan dan Katolik yang baik, tidak ada lagi istilah macam itu lagi bagi pimpinan umat Katolik. Sebutan Paus sebagai antikristus cukup pada abad XVI saja.
 


 

Sahabat Surgawi,
 Media pelayanan antar jemaat, antar Gereja antar denominasi OnLine
www.sahabatsurgawi.net - webmaster@sahabatsurgawi.net, Copyright © 1999