HOME ABOUT US KESAKSIAN AGENDA GEREJA LINK CONTACT US


 

Derap Remaja Edisi 41
Bahan Pembinaan Remaja Gereja Kristen Indonesia


Pembayaran dapat dilakukan dengan 2 cara :

1. Via Bank:
Tahapan BCA no. 0372999053, an. Wisnu Sapto Nugroho
Segera kirimkan pemberitahuan pengiriman bank.
2. Via Pos Wesel:
dengan cara memakai blangko yang dilampirkan dalam surat pengantar.
Pdt. Wisnu Sapto Nugroho, Samirono Baru 71 Kompleks LPPS Yogyakarta 55281

Alamat Sekretariat & Distribusi DERAP REMAJA:
Samirono Baru 71 Kompleks LPPS Yogyakarta 55281

Harga per eksemplar Rp. 40.000,-
 

Januari 2017    
1. CIPTAAN TUHAN SUNGGUH AMAT BAIK
Kejadian 1:1-31
 
  1
2. BAIK ... APAKAH SEMPURNA?
Mazmur 74:12-17:104:24
 
  2
3. MANUSIA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN
Kejadian 2:4b-25
 
  3
4. DISABILITAS ADALAH ANUGERAH
yohanes 9:141
 
  4
5. BERAGAMNYA VARIASI CIPTAAN TUHAN
1 Korintus 2:11-12
 
  5

 


2017
Januari
Minggu 5
 



 

 BERAGAMNYA VARIASI CIPTAAN TUHAN



 Bacaan: 1 Korintus 2:11-12
 Bahan yang diperlukan: -


 

FOKUS



Taman bunga yang indah adalah taman yang ditumbuhi berbagai ragam bunga. Bunga yang beragam itu hidup berdampingan membentuk simbiosis yang mutualis tanpa mengganggu satu sama lain. Gambaran taman bunga itu adalah gambaran dari ciptaan Tuhan yang sangat variatif. Tuhan membentuk ciptaan-Nya tidak tunggal dengan tujuan semua saling melengkapi dan saling menghargai. Manusia juga diciptakan Tuhan dalam warna-warni yang berbeda: suku, bangsa, ras, jenis kelamin, dan sebagainya. Terkait dengan seksualitas, saat ini kita diperhadapkan dengan perdebatan tentang orientasi seksual pada manusia sebagai ciptaan Allah. Perkumpulan Keluarga Berencana Yogyakarta [PKBI Yogyakarta] mendefinisikan orientasi seksual sebagai: ketertarikan secara emosional dan seksual kepada jenis kelamin tertentu. Persoalan yang kemudian muncul adalah penghakiman pada orang yang berorientasi berbeda. Bila ini dilakukan, maka terjadi pembunuhan karakter dan penghakiman terhadap sesama. Hal ini mesti dihindari oleh orang Kristen sebab kehidupan Kristen mengedepankan kasih. Oleh karena itu melalui bahan ini, remaja diharap menyadari keragaman manusia sebagai ciptaan Tuhan. Dengan demikian remaja menghargai kepelbagian.

 

PENJELASAN TEKS


Pepatah mengatakan: panjangnya jalan bisa diukur. Dalamnya lautan bisa diselami. Siapakah yang bisa menyelami dan mengukur isi hati manusia? Tidak ada seorangpun yang bisa mengerti apa yang ada di dalam hati seseorang. Bahkan sedekat apapun seseorang dengan sesamanya, kedekatan itu tidak akan mampu membuat satu sama lain mengerti apa yang dipikir dan dirasakan.

Kepada jemaat Korintus Rasul Paulus menyampaikan,"Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri [hati, pikiran] manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia?" Pertanyaan ini disampaikan Paulus kepada jemaat di Korintus di kala terjadi perseteruan jemaat. Ketika jemaat berseteru, di antara mereka terdapat ketegangan dan permusuhan. Permusuhan menimbulkan jarak antar pribadi dan kelompok. Jarak itu membuat satu sama lain saling menghakimi. Satu pihak merasa diri benar dan pihak lain dipersalahkan. Keadaan jemaat yang bermusuhan menimbulkan kecurigaan, syak wasangka sehingga masing-masing pihak menilai sesama sebagai pihak yang buruk. Melalui surat pastoralnya Paulus berusaha memulihkan relasi mereka supaya bersatu kembali dan hidup bersama dengan seia sekata.

Dengan apa Paulus mengundang mereka bersatu? Salah satunya adalah dengan mengajak jemaat Korintus memiliki hikmat yang benar. Hikmat yang benar bersumber dari Allah sendiri. Orang-orang percaya akan memiliki hikmat bila mengasihi Dia [1 Kor. 2:9]. Tujuan Paulus menegaskan pentingnya jemaat hidup dalam hikmat adalah supaya setiap orang yang mengasihi Allah mewujudkan kasih satu sama lain. Dengan demikian keinginan untuk bertikai, berseteru diredam dan diganti dengan kesatuan hati dan pengampunan. Hikmat Allah menjadikan sesama manusia saling menghargai dan membuang kecurigaan-kecurigaan. Hikmat mengganti prasangka menjadi kerjasama. Bila dalam prasangka antar anggota jemaat saling menutup diri, melalui kerjasama masing-masing anggota jemat saling membuka diri. Kesediaan membuka diri menjadikan setiap orang dalam jemaat tidak menilai seseorang berdasar kecurigaan, kebencian dan hal-hal yang dilihat. Dari sini Paulus mengatakan,"Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia?" Tidak ada seorangpun yang tahu isi hati sesamanya. Hanya Allah dan diri orang itu yang tahu. Maka dari itu adalah bijak bila dalam hidup bersama sikap saling menghargai, menghormati, mengampuni, mengasihi ditumbuhkembangkan setiap hari.
 

PENGENAAN
 


Orientasi seksual, siapa yang tahu? Hanya orang yang bersangkutan dan Allah. Apakah orang memilih orientasi seksualnya? Para ahli termasuk mereka yang tergabung dalam American Academy of Pediatrics dan American Psychological Association menyimpulkan bahwa orientasi seksual merupakan gabungan yang rumit dari faktor biologis dan psikologis. Penelitian-penelitian telah banyak dilakukan untuk mencari tahu faktor-faktor penyebab mengapa seseorang memiliki orientasi seksual yang berbeda dengan yang lainnya. Secara garis besar, terdapat dua teori yang dapat menjelaskan fenomena tersebut yaitu teori biologis dan teori psikologis [PKBI Jogjaj. Banyak opini atau stereotip seputar orientasi seksual. Hal ini terkadang menyakitkan bagi orang yang mengalaminya: misal dengan penampilan imut dan "kemayu", seseorang dituduh sebagai gay. Atau sebaliknya saat melihat perempuan yang berpenampilan "gagah" lantas dikatakan dia pasti seorang lesbian.

Keberagaman adalah sebuah hal yang tidak dapat dipungkiri. Tuhan mencipta keragaman agar manusia saling menghargai satu sama lain. Salah satu keberagaman yang dihadapi remaja adalah tentang orientasi seksual. Menurut PKBI Jogja, pada dasarnya Orientasi seksual dibagi menjadi tiga:

1. Heteroseksual, yaitu orang yang tertarik secara emosi dan seksual terhadap lawan jenisnya.
2. Homoseksual, yaitu orang yang tertarik secara emosi dan seksual terhadap sesama jenisnya. Gay adalah istilah untuk homoseksual laki-laki, dan lesbian adalah istilah untuk homoseksual perempuan. Pada perkembangannya, ada banyak istilah yang digunakan pada waktu dan budaya yang berbeda.
3. Biseksual, yaitu orang yang tertarik secara emosi dan seksual terhadap lawan dan sesama jenisnya [sumber http://pkbi-diy.info/?page_id=:3489].

Hal lain yang berbeda dengan orientasi seksual dan sering dikaitkan secara salah adalah menyamakan orientasi seksual dengan perilaku seksual atau penyimpangan seksual. Perilaku seksual adalah perilaku yang muncul karena adanya dorongan seksual [bentuk: berkhayal atau berfantasi tentang seksual; mengobrol tentang seksual; menonton film pornografi; masturbasi atau onani], Penyimpangan seksual adalah aktivitas seksual yang ditempuh seseorang untuk mendapatkan kenikmatan seksual dengan tidak sewajarnya.

Nasihat Rasul Paulus kepada jemaat Korintus perlu didengar supaya setiap remaja yang sedang mengalami perkembangan dan ingin tahu orientasi seksualnya tidak terjatuh pada keingintahuan mengetahui orientasi seksual sesamanya. Remaja diajar untuk memiliki hikmat Allah dalam berelasi dengan sesamanya. Bilamana terdapat remaja yang mengetahui orientasi seksual sesamanya [apapun itu] hendaknya tidak mengolok-olok, melainkan mengasihinya. Remaja yang dihina, dilecehkan, atau dianiaya karena orientasi seksualnya dapat beresiko bertemu permasalahan emosional seperti kecemasan dan depresi [Be A Smart Teenager! Andri Priyanto, 2009]. Kepada remaja diingatkan bahwa biarlah Tuhan yang menilai. Karena itu rayakan hidup dalam kepelbagian sebab inilah variasi ciptaan Tuhan.
 

LANGKAH-LANGKAH PENYAMPAIAN
 


1. Bahan ini rumit. Karena itu pembimbing perlu mempersiapkan diri dengan baik supaya pesan dasar tentang ajakan menghargai sesama manusia sebagai ciptaan Allah dapat disampaikan dengan baik. Awalilah penyampaian dengan mengajak remaja mendiskusikan taman bunga yang indah menurut mereka. Sampaikan pada remaja bahwa taman bunga itu indah bila ada beragam bunga di dalamnya. Selain keragaman bunga, pengelolaan atas keragaman itu juga menambah keindahan taman.
2. Terkait dengan orientasi seksual, sampaikan juga bahwa terdapat keragaman dari orientasi seksual. Tanyakan pada remaja, "Apa yang mereka pahami tentang orientasi seksual?"
3. Ajak remaja memahami makna orientasi seksual [lihat pengenaan],
4. Minta remaja membaca 1 Korintus 2:11-12 dan berikan penjelasan teks.
5. Sampaikan pengenaan supaya remaja menghindarkan diri dari keingitahuan tentang orientasi seksual pada orang lain. Minta remaja berlaku hormat terhadap orientasi seksual orang lain. Berikan penekanan bahwa pelecehan, penghinaan, kekerasan terhadap hal ini menimbulkan kecemasan dan depresi.
6. Sampaikan ilustrasi melalui pemutaran lagu "Smalltown Boy" [https://www.youtube.com/results?search_query=Smalltown+Boy]
7. Akhiri dengan kegiatan,"Aku Gak mau Keppo"

                                                                                                   
KEGIATAN


Aku Gak Mau Keppo

Minta remaja membuat poster atau meme "Aku gak mau keppo" urusan orang lain, termasuk dalam hal keppo untuk orientasi seksual.
 

ILUSTRASI

Bronski Beat - Small Town Boy Lyrics

You leave in the morning
With everything you own in a little black case

Alone on the platform
The wind and the rain
On a sad and lonely face

Mother will never understand
Why you had to leave
For the answer you seek
Will never be found at home
The love that you need
Will never be found at home

Pushed around and kicked around
Always a lonely boy

You were the one
That they'd talk about around town
As they put you "down
And as hard as they would try
They'd hurt to make you cry

But you'd never cry to them
Just to your soul
No you'd never cry to them
Just to your soul

Makna di balik lagu

Makna dalam lagu "Smalltown Boy" adalah tentang seorang remaja yang sedih dan kesepian yang berjuang melarikan diri dari rumah karena kesalahpahaman orangtuanya dan perlakuan buruk dari orang-orang dikota tempat dia tinggal. Cinta dan jawaban yang dia cari dan butuhkan tidak dia temukan di rumah. Hubungannya dengan keluarganya tidak baik. Dia satu-satunya orang di kota tersebut yang menjadi bahan pembicaraan oleh masyarakat karena orientasi seksualnya. Masyarakat membenci dia. Lagu ini menggambarkan akan keadaan remaja yang mencari jati diri dengan menjauhkan diri dari keluarga dan lingkungan sekitar karena tekanan dari homofobia. Homofobia membuat remaja itu menyembunyikan identitas seksualnya. Akibatnya remaja itu mengalami stress dan depresi yang berat. [dikutip dan disederhanakan dari library.binus.ac.id/eColls/.../2010'2'00261-IG%20BAB%205.doc].                                                                                                                       
                                                                

                                                                                                                


A R S I P
| derap desember 0415 | derap januari 0116 | derap januari 0216 | derap januari 0316 |
| derap januari 0416 | derap januari 0516 | derap februari 0116 | derap februari 0216 | derap februari 0316 |
| derap februari 0416 | derap maret 0116 | derap maret 0216 | derap maret 0316 | derap maret 0416 |
 | derap april 0116 | derap april 0216 | derap april 0316 | derap april 0416 | derap mei 0116 |

 | derap mei 0216 | derap mei 0316 | derap mei 0416 |derap mei 0516 |derap juni 0116 | derap juni 0216 |
 | derap juni 0316 | derap juni 0416 |derap juli 0116 | derap juli 0216 | derap juli 0316 | derap juli 0416 |  |derap juli 0516 | derap agustus 0116 | derap agustus 0216 | derap agustus 0316 | derap agustus 0416 |
| derap september 0116 | derap september 0216 | derap september 0316 | derap september 0416 |
| derap oktober 0116 | derap oktober 0216 | derap oktober 0316 | derap oktober 0416 |
| derap oktober 0516 | derap nopember 0116 | derap nopember 0216 | derap nopember 0316 |
|derap nopember 0416 | derap desember 0116 | derap desember 0216 | derap desember 0316 |
| derap desember 0416 | derap januari 0117 | derap januari 0217 | derap januari 0317 |
| derap januari 0417 |

 

Sahabat Surgawi,
 Media pelayanan antar jemaat, antar Gereja antar denominasi OnLine
www.sahabatsurgawi.net - webmaster@sahabatsurgawi.net, Copyright 1999