HOME ABOUT US KESAKSIAN AGENDA GEREJA LINK CONTACT US


 

Derap Remaja Edisi 40
Bahan Pembinaan Remaja Gereja Kristen Indonesia


Pembayaran dapat dilakukan dengan 2 cara :

1. Via Bank:
Tahapan BCA no. 0372999053, an. Wisnu Sapto Nugroho
Segera kirimkan pemberitahuan pengiriman bank.
2. Via Pos Wesel:
dengan cara memakai blangko yang dilampirkan dalam surat pengantar.
Pdt. Wisnu Sapto Nugroho, Samirono Baru 71 Kompleks LPPS Yogyakarta 55281

Alamat Sekretariat & Distribusi DERAP REMAJA:
Samirono Baru 71 Kompleks LPPS Yogyakarta 55281

Harga per eksemplar Rp. 40.000,-
 

juli 2016    
Refreshing
Mazmur 104:10-15
 
  1
Gaya Belajar
Lukas 2:46-47
 
  2

Menata Waktu
I Petrus 4:1-5
 
  3
Multiple Intelligences
Amsal 14:15-18
 
  4
The Seekers
Matius 7:7-11

 
  5

  Refreshing



 Bacaan:

 Mazmur 104:10-15

 Bahan yang diperlukan:
 -

-
 

FOKUS


Manusia pada zaman sekarang mengalami beragam tekanan hidup dan menjalani aktivitas yang padat. Berbagai tuntutan kehidupan menguras waktu, tenaga, dan pikiran. Sepanjang hari hampir tidak tersisa atau sedikit saja waktu untuk berisitirahat, kecuali istirahat di malam hari. Semua itu dapat dikatakan telah menjadi rutinitas sehari-hari.Tentu saja manusia dapat menjadi lelah, bosan atau jenuh, bahkan stres. Refreshing atau penyegaran kembali diperlukan agar manusia dapat sejenak melepaskan diri dari kepenatan, mengalami pemulihan, dan memperoleh pencerahan untuk melanjutkan hidup. Jadi, refreshing bukan sekadar bepergian, bersenang-senang, membuang-buang uang dan waktu tanpa manfaat sebagaimana trend saat ini. Melalui pelajaran hari ini diharapkan remaja memahami makna dan manfaat refreshing bagi dirinya.

PENJELASAN TEKS


Mazmur 104 berisi puji-pujian kepada Allah yang telah menciptakan dan memelihara alam semesta dan segala isinya. Pemeliharaan Allah digambarkan oleh Pemazmur dengan tersedianya air (ayat 10-1 l),makanan (ayat 14-15, 21,27-28), habitat atau lingkungan hidup (ayat 12, 17-18), waktu untuk beraktivitas atau bekerja (ayat 21 -23), dan kehidupan itu sendiri (ayat 29-30).

Ayat 10-11, 13

"Engkau yang melepas mata-mata air ke dalam lembah-lembah, mengalir di antara gunung-gunung, memberi minum segala binatang di padang, memuaskan haus keledai-keledai hutan. Engkau yang memberi minum gunung-gunung dari kamar-kamar loteng-Mu, bumi kenyang dari buah pekerjaan-Mu." Allah mengatur dan mencukupi kebutuhan bumi dan isinya akan air. Dia menyediakan air di berbagai tempat. Di lembah, di gunung, di padang, di hutan. Air itu menghidupi semua makhluk. Baik binatang di padang maupun keledai hutan (binatang-binatang yang hidup di alam liar) semua terpenuhi kebutuhannya akan air. Air memang merupakan kebutuhan mendasar bagi semua makhluk hidup. Baik manusia, hewan, maupun tumbuhan, semua tidak dapat bertahan hidup tanpa air. Allah menyediakan air dengan cuma-cuma untuk memelihara kehidupan.

Ayat 12
"di dekatnya diam burung-burung di udara, bersiul dari antara daun-daunan". Burung-burung membuat sarangnya di pepohonan di tepi sungai. Sungai yang diairi Allah memberi kehidupan bagi pepohonan di tepi sungai. Pepohonan itu menjadi sarang bagi burung-burung. Burung-burung mendapatkan makan dan minumnya dari sungai dan pepohonan. Allah mengaturnya sedemikian rupa sehingga tercipta habitat atau lingkungan hidup bagi makhluk ciptaan-Nya.

Ayat 14-15
"Engkau yang menumbuhkan rumput bagi hewan dan tumbuh-tumbuhan untuk diusahakan manusia, yang mengeluarkan makanan dari dalam tanah dan anggur yang menyukakan hati manusia, yang membuat muka berseri karena minyak, dan makanan yang menyegarkan hati manusia." Allah menyediakan makanan bagi ciptaan-Nya. Melalui bumi, beragam bahan pangan tersedia bagi semua makhluk. Bumi yang telah dikenyangkan dengan air (ayat 13) menumbuhkan rumput untuk menghidupi hewan dan sayur-sayuran untuk menghidupi manusia. Manusia dapat mengusahakan dan mengolah hasil bumi menjadi makanan baginya.

Juga tersedia anggur, minyak, dan makanan lain bagi manusia. Meminum anggur merupakan bagian dari perjamuan sehari-hari dalam tradisi Israel. Sari buah anggur yang diperas langsung dari buah anggur sangat nikmat untuk diminum dan bergizi. Sampai saat ini anggur masih merupakan salah satu hasil bumi unggulan Israel. Masih banyak perkebunan anggur di Israel dan anggur dari Israel memiliki reputasi internasional. Minyak juga merupakan hasil bumi yang terkenal dari Israel. Minyak ini kebanyakan berasal dari pohon zaitun yang berlimpah di sana. Minyak ini dapat diolah dan dipergunakan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk keperluan peribadatan atau kosmetika. Sebagai bahan pangan, minyak diolah bersama gandum untuk dijadikan roti. Roti menjadi bahan makanan pokok yang memberi kesegaran (tenaga) pada manusia.

Kesimpulan
Dari paparan Pemazmur ini, kita dapat menyimpulkan bahwa Pemazmur sungguh mengalami saat refreshing dengan menikmati rupa-rupa ciptaan Tuhan. Dalam refreshing-nya itu Pemazmur pun mengungkapkan rasa syukur dan kekaguman atas kebaikan Allah yang telah sedemikian rupa memelihara ciptaan-Nya, baik manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, maupun alam semesta. Allah mengatur segala sesuatu untuk kehidupan makhluk ciptaan-Nya. Allah melakukannya dengan setia sepanjang zaman. Semua itu memberi kesegaran jiwa bagi Pemazmur.

Demikianlah Mazmur 104 yang indah ini lahir dari refreshing Pemazmur. Pemazmur menyediakan waktu untuk beristirahat dan menikmati alam ciptaan Tuhan. Ia tidak larut dalam kesibukannya sehari-hari. Ia mampu melepas penat dan jenuh kehidupan dengan mengamati rupa-rupa ciptaan Tuhan di sekitarnya. Pada saat refreshing itulah Pemazmur mampu merenungkan atau melakukan refleksi atas kebesaran dan kebaikan Allah.
 

PENGENAAN


Kehidupan remaja zaman sekarang tidak lepas dari beragam tekanan dan aktivitas yang padat. Tekanan dapat berasal dari dalam diri remaja, misalnya terjadinya perubahan-perubahan fisik menuju kedewasaan dan pencarian jati diri.Tekanan dari luar diri remaja pun dapat terjadi, misalnya tuntutan untuk bersikap lebih dewasa dan mandiri dari orang tua dan masyarakat, tuntutan untuk berprestasi dari orang tua dan sekolah, tuntutan pergaulan atau mengikuti trend dari teman sebaya. Aktivitas yang dijalani remaja masa kini pun terasa padat, mulai dari sekolah pagi hingga siang, bahkan sampai sore hari, lalu mengerjakan tugas sekolah, mengikuti kegiatan ekstra kurikuler, les, dan berbagai aktivitas lainnya. Semua itu menguras waktu, tenaga, dan pikiran remaja.

Remaja membutuhkan refreshing agar tidak menjadi stres. Refreshing dapat menolong remaja untuk: sejenak melepas kelelahan atau kejenuhan akibat tekanan dan aktivitas padat sehari-hari. Refreshing bermanfaat sebagai sarana recharge (pengisian kembali) tenaga, semangat, atau motivasi yang telah pudar. Intin/a, refreshing bertujuan memberikan penyegaran dan suntikan semangat baru kepada remaja saat kembali menjalankan aktivitas kesehariannya.

Ada banyak cara melakukan refreshing, misalnya: pergi berlibur, bepergian bersama teman-teman, nonton film, atau mendengarkan musik. Di era internet ini refreshing bisa juga dilakukan dengan cara chatting, googling, ber-media sosial (misalnya face book, twitter), atau main game. Setiap orang dapat menemukan caranya sendiri untuk be-refreshing. Hanya mesti diingat tujuan refreshing yang sebenarnya. Jangan sampai refreshing hanya dipahami sebagai kegiatan untuk bersenang-senang saja tanpa makna. Hal ini perlu diwaspadai mengingat banyaknya kasus free sex, pornografi, pacaran yang tidak sehat, atau penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Tidak sedikit remaja yang sudah terjerumus di dalamnya mengatakan bahwa awalnya itu hanya untuk refreshing saja. Padahal itu jelas bukan refreshing sebab bukannya memberi kesegaran dan semangat menjalani hidup, melainkan menambah masalah dan tekanan hidup, selain itu juga merusak masa depan diri sendiri dan orang lain. Juga kebiasaan ber-sosmed ria bisa jadi bukannya menjadi sarana refreshing, namun kadang justru menjadi ajang saling berkomentar negatif, bullying (penggertakan kepada yang dianggap lebih lemah), stalking (penguntitan), atau penipuan. Contoh lain adalah berhura-hura. Sebagian orang menganggap berhura-hura adalah refreshing. Padahal kenyataannya itu hanya memperoleh kesenangan sesaat serta membuang-buang waktu dan uang. Remaja perlu memikirkan ulang cara refreshing yang dipilihnya serta apakah tujuannya bpnar atau tidak.

Kehidupan bergereja juga tidak asing dengan istilah refreshing. Seringkali istilah refreshing digunakan sebagai judul program yang berkenaan dengan acara di luar gereja, misalnya Refreshing Course (RC) Remaja.Tempat yang dipilih untuk mengadakan acara tersebut biasanya adalah tempat yang dianggap nyaman, sejuk, berudara segar, dan seringkali berada di luar kota. Benarkah refreshing hanya bermakna acara di luar gereja? Tentu tidak benar. Perlu pemikiran ulang apakah acara tersebut benar-benar untuk mendapatkan kesegaran sehingga kembali bersemangat dalam pelayanan, misalnya, atau apakah acara tersebut hanya sebatas pleasure?

Yang terpenting dari refreshing adalah sebagaimana ditunjukkan oleh Pemazmur. Refreshing sungguh memberi kesegaran kepada Pemazmur jika dilakukan dengan menghayati dan mensyukuri pemeliharaan Tuhan yang setia kepada manusia.
 

LANGKAH-LANGKAH PENYAMPAIAN


1. Awali dengan menanyakan kepada remaja apakah mereka pernah melakukan refreshing dan dengan cara apa mereka melakukannya.
2. Sampaikan bahwa refreshing memang diperlukan di sela-sela tekanan hidup dan kepadatan aktivitas sehari-hari (lihat Fokus).
3. Ajak remaja memahami makna dan manfaat refreshing berdasarkan kesaksian Pemazmur dalam Mazmur 104 (lihat Penjelasan Teks).
4. Relevansikan refreshing dengan kehidupan remaja masa kini. Sampaikan bahwa remaja mesti memilih cara refreshing yang sehat supaya refreshing bermakna dan memberi manfaat (lihat Pengenaan).
5. Ajak remaja melakukan Kegiatan.
6. Akhiri dengan menyampaikan ilustrasi. Berikan ulasan bahwa apa yang dilakukan Sevelyn Gat dapat menjadi inspirasi melakukan refreshing yang sehat dan bermanfaat.
 

KEGIATAN



Refreshing dengan Terapi Tertawa

Terapi tertawa telah cukup dikenal oleh masyarakat luas sebagai salah satu terapi yang bermanfaat untuk menurunkan tingkat stres serta meningkatkan daya tahan tubuh. Saat tertawa tubuh mengeluarkan hormon endhorpin dan melatonin dapat menekan hormon kortisol pemicu stres. Dr. Madan Kataria, seorang psikiater asal India yang mendirikan Laughter Club International dan menulis buku Laugh For No Reason mengatakan bahwa mengawali hari dengan senyum atau tertawa selama 15 menit merupakan terapi fisik dan psikis yang menyegarkan pikiran dan dapat membuat orang bersemangat dalam beraktivitas sepanjang hari.

Dewi Juniarti, S.Psi. dari L'Ayurveda Center for Inner Beauty and Holistic Care Fatmawati, Jakarta menyebutkan sejumlah manfaat terapi tertawa, yakni:
• Meningkatkan kesehatan secara holistik
• Meningkatkan harapan hidup
• Meningkatkan sistem imun
• Mengurangi tingkat stres
• Melancarkan sirkulasi peredaran darah
• Mengurangi rasa sakit
• Menghalau depresi
• Mengatasi rasa bosan
• Membuat hidup lebih ringan
• Lebih termotivasi
• Mengurangi stres dan cemas, juga rasa takut
• Meningkatkan mood
• Meningkatkan kepercayaan diri

Dewi juga menyebutkan bahwa secara medis, terapi tertawa dipergunakan untuk membantu penyembuhan kanker. Itu dilakukan dengan cara sakit memasang saluran televisi dengan program humor untuk menstimulasi tawa pada saat merawat pasien. Dewi menambahkan, tertawa dapat mendorong energi positif untuk mengalahkan berbagai penyakit.

Ada beberapa teknik terapi tertawa. Kegiatan kali ini akan mengajak remaja untuk melakukan terapi tawa dengan dua jenis teknik bermain, yakni teknik tawa bantahan dan teknik tawa ponsel. Teknik tawa bantahan dilakukan dengan meminta peserta membentuk dua kelompok yang saling berhadapan dengan jarak tertentu. Kemudian kedua kelompok diminta untuk saling pandang dan mulai bersaing tertawa sambil menunjukkan jarinya kepada anggota kelompok yang dihadapannya.
Sedangkan teknik tawa ponsel atau dikenal juga dengan tawa HP dilakukan dengan cara peserta berpura-pura memegang HP dan mulai tertawa. Kemudian peserta berjalan berkeliling sambil membuat gerakan-gerakan seolah bertemu dengan orang yang berbeda-beda sambil tetap tertawa.

Disadur dari:
http://nasional.kompas.com/read/2012/01/24/15102793/Tertawa.Cara.Termudah.Atasi.Masalah
www.psikologipsikoterapi.com/artikel-psikoiogi/manfaat-tertawa-secarapsikologis.htmi
http://yuflihul.blogspot.co.id/20l4/05/konsep-terapi-tertawa.html
 
LANGKAH KEGIATAN

1. Ajak remaja untuk melakukan terapi tertawa. Beri sedikit pengantar tentang manfaat terapi tertawa.
2. Minta remaja melakukan terapi tertawa teknik bantahan. Lakukan sekitar 5 menit agar terasa manfaatnya.
3. Minta remaja melakukan terapi tertawa teknik ponsel. Lakukan sekitar 5 menit agar terasa manfaatnya.
4. Ajak remaja duduk kembali dan minta remaja memberikan komentar tentang perasaannya setelah menjalani terapi ini.
                                                                                                                                                                                                                   

ILUSTRASI


REMAJA KENYA JALAN-JALAN KE CINA BERKAT FOTO EDITAN

Sevelyn Gat adalah seorang remaja asal Kenya, Afrika, anak seorang petani sederhana. Ia berhasil meraih mimpinya untuk berjalan-jalan ke Cina. Semuanya berawal dari kesukaan Seve untuk mengedit foto-foto dirinya di waktu luang. Baginya mengedit foto merupakan hobi sekaligus refreshing.

Seve memiliki mimpi untuk pergi ke Cina, namun kondisi keuangannya tak memungkinkan. Suatu saat ia membuat sebuah perjalanan virtual ke Cina. Ia mengedit foto dirinya yang seolah-olah sedang berjalan-jalan di Cina dan mengunggahnya ke facebook. Setiap foto diberinya komentar. Misalnya foto editan dirinya berlatar belakang pesawat Kenya Airways dikomentari, "Saya telah meninggalkan Kenya menuju Cina." Juga foto editan dirinya yang sedang berdiri di Tembok Besar Cina ia komentari, "Woow, nikmati segala sesuatunya di sini." Ada pula foto editan dirinya bersama para turis dengan komentar,"Hari terakhir di Cina. Selamat tinggal Cina."

Apa yang dilakukan Seve ini rupanya mendapat perhatian dari seorang pengusaha bernama Sam Gichuru. Ia lantas menghubungi teman-teman pengusahanya dan mengajak mereka mengumpulkan dana untuk Seve. Mereka menyumbangkan uang untuk membiayai perjalanan, akomodasi bintang empat, asuransi, dan juga uang saku. Seve juga akhirnya memiliki akta kelahiran yang selama ini tak pernah dimilikinya sebagai salah satu pemenuhan syarat pembuatan paspor. Ketika Gichuru ditanya alasannya melakukan itu untuk Seve, ia menjawab bahwa sepuluh tahun yang lalu ia juga melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Seve. Ia membuat Power Point yang berisi foto editan dirinya yang digabungkan dengan gambar rumah, mobil, dan lainnya. Ia pun berhasil mewujudkan semua kekayaan itu lima tahun yang lalu. Gichuru berkata seandainya dulu sudah ada facebook, tentu orang akan menganggap gila unggahan foto-foto editannya.'Tapi saya selalu suka dengan orang yang punya impian. Mari kita beri kesempatan gadis ini kesempatan berangkat ke Cina," kata Gichuru.

Rencananya perjalanan ke Cina Seve akan dilakukan pada musim panas 2016 ini.

Sumber:
http://www.merdeka.com/dunia/remaja-miskin-kenya-liburan-ke-china-berkat-photoshop-mengharukan.html
http://www.bbc.co.uk/newsbeat/article/35900804/kenyan-woman-edits-herself-into-holiday-photos-with-hilarious-consequences
http://www.dailymail.co.uk/femail/article-350526l/Seve-Gat-s-photoshopping-fail-goes-viral.html                                                                 
                         


 

Sahabat Surgawi,
 Media pelayanan antar jemaat, antar Gereja antar denominasi OnLine
www.sahabatsurgawi.net - webmaster@sahabatsurgawi.net, Copyright 1999