HOME ABOUT US KESAKSIAN AGENDA GEREJA LINK CONTACT US



 

Derap Remaja Edisi 44
Juli-Desember 2018
Bahan Pembinaan Remaja Gereja Kristen Indonesia


Pembayaran dapat dilakukan dengan 2 cara :

1. Via Bank:
Tahapan BCA no. 0372999053, an. Wisnu Sapto Nugroho
Segera kirimkan pemberitahuan pengiriman bank.
2. Via Pos Wesel:
dengan cara memakai blangko yang dilampirkan dalam surat pengantar.
Pdt. Wisnu Sapto Nugroho, Samirono Baru 71 Kompleks LPPS Yogyakarta 55281

Alamat Sekretariat & Distribusi DERAP REMAJA:
Samirono Baru 71 Kompleks LPPS Yogyakarta 55281

Harga per eksemplar Rp. 40.000,-

 

Juli 2018
Kesaksian Iman

 

• Mantap Beriman Kepada Kristus: Belajar dari Perpetua dan Felicitas
• Gigih Berjuang Dalam Iman Kepada Kristus: Belajar dari Athanasius
• Memaknai Masa Muda dalam Tuhan: Belajar dari Agustinus dari Hippo
• Fransiskus dari Assisi Persekutuan yang Teratur: Belajar dari Calvin

 

Fokus
_____________________

 
Hidup bersama dengan orang lain membutuhkan aturan bersama, sehingga kebersamaan membawa dampak baik bagi semua. Gereja sebagai persekutuan bersama juga membutuhkan sejumlah peraturan.Tanpa itu, yang terjadi adalah kekacauan. Di tengah kehidupan jemaat di Korintus yang terkotak-kotak dan ingin menonjolkan diri, Paulus menekankan pentingnya kehidupan yang teratur. Pokok ini juga yang menjadi penekanan dari Yohanes Calvin, reformator gereja. Pelajaran ini dirancang agar remaja belajar pentingnya hidup keteraturan.
 

Penjelasan Teks
_____________________


Secara khusus, teks ini merupakan bagian dari nasihat Paulus terkait dengan ibadah. Nasihat terkait ibadah berada pada pasal 13 sampai dengan pasal 15.Agaknya persoalan adanya kelompok¬kelompok dalam jemaat juga berpengaruh dalam kehidupan ibadah. Salah satu persoalan yang menyeruak terkait dengan karunia Roh, sebagaimana yang disebutkan dalam pasal 12.
Dalam kehidupan beribadah ada kelompok yang berusaha mencari karunia yang lebih utama. Dari berbagai karunia roh yang ada, yang dianggap utama adalah karunia berbahasa roh (Yun: glossolalia). Munculnya istilah bahasa roh khususnya dalam surat-surat Paulus menunjukkan bahwa bahasa roh berasal dari tradisi Yunani Helenis. Pada bagian kitab yang ditujukan kepada komunitas Yahudi, persoalan ini tidak muncul.

Tentang bahasa roh, Paulus menjelaskan:
a. Bahasa roh belum tentu berguna (14:9)
b. Jika dapat berbahasa roh, mintalah pula karunia untuk menafsirkannya (14:13)
c. Dalam persekutuan, lebih baik menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti orang lain agar orang lain terbangun, jadi jangan utamakan bahasa Roh (14:19)
d. Bahasa roh adalah salah satu karunia yang harus dipergunakan untuk membangun persekutuan (14:26)
e. Secara praktis Paulus memberikan saran, jika ada yang berbahasa Roh, paling banyak tiga orang dalam satu pertemuan dan secara bergantian dan harus ada yang menafsirkannya (14:27). Jika tidak ada yang menafsirkan, sebaiknya diam saja (14: 28)
g. Persekutuan umat harus berlangsung sopan dan teratur (14:40)

Paulus tidak menolak keberadaan bahasa roh dalam kehidupan ibadah. Penekanan yang diberikan olehnya adalah "segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur." itu berarti ibadah bukanlah pertunjukkan pencapaian kesalehan diri. Ibadah adalah wadah setiap orang mempersembahan yang terbaik dari dirinya (14:26). Dengan catatan: membangun jemaat. Perlombaan kemampuan justru mengacaukan (14:33). Keteraturan dengan demikian menjadi kunci kehidupan bersama di tengah jemaat Korintus yang plural.

Pengenaan
____________________


Kehidupan bersama membutuhkan keteraturan. Semangat inilah yang salah satunya dihidupi oleh Yohanes Calvin. Berikut ini riwayat singkat dan terpilih dari Yohanes Calvin.

Yohanes Calvin (Jean Cauvin) dilahirkan pada 10 Juli 1509 di Noyon, sebuah desa di sebelah utara kota Paris, Perancis.Ayahnya bernama Gerard Cauvin. Ibunya bernama Jeanne Lefranc. Ibunya meninggal dunia ketika Yohanes Calvin masih muda.Ayahnya bekerja di keuskupan Noyon. Kedekatan ayahnya dengan dunia gerejawi membuatnya menginginkan Calvin menjadi imam. Itu sebabnya ia mendekatkan Calvin dengan kehidupan bergereja. Pada usia 12 tahun Calvin sudah menerima tonsur (pencukuran rambut dalam upacara inisiasi biarawan).

Pada tahun 1523 memasuki College de la Marche untuk belajar retorika dan bahasa Latin. Kemudian ia pindah ke College de Montague untuk belajar filsafat dan teologi. Setelah menyelesaikan studinya, tiba-tiba ayahnya menginginkan Calvin menjadi ahli hukum. Hal inilah yang membawanya memasuki Universitas Orleans untuk belajar ilmu hukum. Studi hukumnya di kemudian hari sangat memengaruhi Calvin dalam usaha pembaruan dan penataan gereja yang dipimpinnya. Calvin sangat menekankan ketertiban dan keteraturan dalam gereja.
Calvin menyebut gereja sebagai ibu yang membina dan memelihara anak-anaknya. Dalam rangka mempertahankan kesuciannya, gereja diberi kuasa untuk"mengikat dan melepaskan." Itulah sebabnya dibutuhkan disiplin (siasat) gereja, yaitu tindakan gereja untuk menegakkan ketertiban dan pengawasan ajaran gereja serta perilaku warga gereja.

 

Langkah-langkah Penyampaian
___________________________


1. Perlihatkan gambar dalam ilustrasi di bawah. Gambar ini menunjukkan suasana rapat para pemimpin bangsa.Tanyakan pendapat remaja tentang kebersamaan semacam ini?
2. Kekacauan seringkali terjadi dalam kebersamaan. Hal itu terjadi ketika ada orang atau sekelompok orang yang ingin menonjolkan diri.
3. Masuklah pada teks. Jelaskan situasi jemaat Korintus dan nasihat Paulus kepada jemaat Korintus.
4. Paulus menekankan persekutuan yang teratur. Demikian juga penekanan yang disampaikan oleh Yohanes Calvin. Jelaskan sekelumit tentang Yohanes Calvin (lihat Pengenaan).
5. Akhiri dengan kegiatan.
 

Kegiatan
_____________________

Rapat Mempersiapkan Ibadah Remaja Minggu depan.
- Buatlah kelompok yang terdiri dari 5-10 remaja
- Minta mereka membuat rapat kecil yang beragendakan persiapan kebaktian remaja minggu depan
- Minta mereka mempresentasikan hasilnya
- Pembimbing memberikan apresiasi dan penilaian atas hasil presentasi
 

Ilustrasi
_____________________


                                
 

             
     


 

Sahabat Surgawi,
 Media pelayanan antar jemaat, antar Gereja antar denominasi OnLine
www.sahabatsurgawi.net - webmaster@sahabatsurgawi.net, Copyright © 1999