HOME ABOUT US KESAKSIAN AGENDA GEREJA LINK CONTACT US


 

Derap Remaja Edisi 41
Bahan Pembinaan Remaja Gereja Kristen Indonesia


Pembayaran dapat dilakukan dengan 2 cara :

1. Via Bank:
Tahapan BCA no. 0372999053, an. Wisnu Sapto Nugroho
Segera kirimkan pemberitahuan pengiriman bank.
2. Via Pos Wesel:
dengan cara memakai blangko yang dilampirkan dalam surat pengantar.
Pdt. Wisnu Sapto Nugroho, Samirono Baru 71 Kompleks LPPS Yogyakarta 55281

Alamat Sekretariat & Distribusi DERAP REMAJA:
Samirono Baru 71 Kompleks LPPS Yogyakarta 55281

Harga per eksemplar Rp. 40.000,-

 

Mei 2017    
MARILAH DAN LIHATLAH
Yohanes 1:35-51
 
  1
MENJADI SAKSI
Yohanes 20: 11 - 18
 
  2
MEMBAWA DAMAI
Roma 12:17-21
 
  3
ECO-FRIENDLY
Kejadian 2: 1 - 7
 
  4

 

2017

Mei
Minggu 1
 



 

 MARILAH DAN LIHATLAH



 Bacaan Alkitab: Yohanes 1:35-51
 Bahan yang Diperlukan: -


 

FOKUS



Remaja masa kini cenderung mementingkan diri mereka sendiri. Dengan segala pemenuhan keinginan yang bisa mereka dapatkan dimana saja, maka peran ke-akuŽan menjadi sangat dominan, apalagi dengan banyaknya tekanan yang mereka alami. Ketergantungan pada materi juga menjadi sangat tinggi. Hal ini membuat mereka lebih fokus kepada hal-hal tersebut, ketimbang pada Kristus dan pada akhirnya membuat mereka tidak lagi menyadari panggilan mereka sebagai seorang pengikut Kristus, yaitu menjadi murid-Nya. Menjadi murid berarti belajar dari gurunya, mengenalnya secara pribadi dan mengikuti apa yang Ia lakukan. Hal inilah yang dapat membawa perubahan paradigma dari cara pandang individualisme yang berfokus pada ke-aku-an menjadi cara pandang Kristus yang berfokus pada kasih. Melalui pelajaran ini remaja diharapkan dapat belajar melihat pola Tuhan Yesus saat memanggil murid-murid-Nya dan tergerak untuk berkomitmen untuk menjadi murid-murid-Nya.
 

PENJELASAN TEKS


Salah satu langkah menjadi murid dapat dilihat melalui Yohanes Pembaptis. Melalui ayat 35-37 ini kita dapat melihat Yohanes Pembaptis yang benar-benar menyadari siapa Yesus, dan merendahkan dirinya dihadapan murid-muridnya sendiri dan di hadapan Yesus. Ia tidak berusaha untuk menjadi yang utama, tidak berusaha menjaga gengsinya (pada masa itu menjadi seorang rabi dan memiliki pengikut memiliki nilai sosial dalam masyarakat) melainkan ia mengarahkan muridnya kepada Yesus yang sebelumnya mengikuti dia, untuk kemudian mengikut Yesus. Tidak mudah untuk melakukan hal seperti ini saat sebelumnya ia menjadi orang nomor satu untuk kemudian menjadi yang nomor dua. Dibutuhkan suatu sikap kerendahan hati yang luar biasa untuk dapat melakukan hal ini.
Yesus sendiri menyatakan keilahian-Nya dengan berinisiatif mengundang 2 orang murid Yohanes Pembaptis ini untuk mengikuti Dia (ay. 39). Berbeda dari pola kebanyakan pada masa itu dimana para muridlah yang mencari gurunya sebelum sang guru memutuskan menerima atau menolak mereka, Yesus memilih murid-Nya, dan bukan sebaliknya. Hal ini menunjukkan satu pemahaman bahwa Tuhanlah yang memulai. Ia yang mengambil langkah pertama dan tidak bergantung pada usaha manusia. Santo Agustinus, seorang filsuf abad ke 4 menyatakan bahwa kita tidak mungkin dapat mencari Tuhan kecuali Tuhan sendiri sudah lebih dahulu menemukan kita.

Ayat 37 hendak menunjukkan mengenai makna menjadi murid. Kedua murid Yohanes mendengar apa yang Yohanes Pembaptis katakan, lalu mengikut Yesus. Mengikut (akoloutho,Yunani) secara literal berarti mengikuti dari belakang, membuntuti, mengikuti gerak gerik Yesus.

Pertanyaan Yesus di ayat 38 "Apa yang kamu cari?" merupakan satu ungkapan yang umum dinyatakan di Palestina pada jaman Yesus, baik kepada kaum legalis, yang mencari pembenaran pada peraturan dan hukum-hukum Taurat seperti para ahli Taurat, baik orang-orang yang mencari posisi dan jabatan tertentu seperti kaum Saduki, baik kaum nasionalis yang mencari kesempatan-kesempatan politis untuk memberontak dan menggulingkan kekuasaan Romawi seperti kaum Zelot, atau mereka yang benar-benar merendahkan hati dan selalu berdoa mencari Tuhan, ataupun juga orang-orang yang membutuhkan jawaban, pengampunan, kekuatan dari Tuhan. Oleh karena itu pertanyaan mengenai apa yang kita cari menjadi penting saat kita membahas mengenai murid. Mengapa menjadi murid? Apakah motivasinya?

Saat kedua murid menjawab bahwa mereka ingin melihat dimana Yesus tinggal, respons Yesus adalah "Marilah dan kamu akan melihatnya". Jawaban ini juga merupakan jawaban yang umum dinyatakan oleh pada rabi di masa itu. Dengan mengikuti dan melihat sendiri, Yesus bukan hanya mengundang mereka untuk menyatakan kepada mereka kehidupan-Nya, namun juga untuk menyatakan apa yang hanya Ia yang tahu. Jawaban yang sama juga dinyatakan oleh Filipus kepada Natanael mat is mempertanyakan" apakah ada hal baik yang mungkin timbul dari Nazaret?" Natanael (kemungkinan adalah sama dengan Bartolomeus) adalah seorang yang berasal dari Kana di Galilea yang mayoritas masyarakatnya cukup religius dan memahami kitab Taurat. Di dalam Perjanjian Lama tidak pernah disebutkan mengenai kedatangan Kristus yang berasal dari Nazaret sehingga Natanael mempertanyakan hal ini. Filipus dengan bijak tidak menjawab pertanyaan atau keraguan Natanael, namun hanya berkata " Marilah dan kamu akan melihatnya"

Natanael tiba dan Yesus dapat melihat apa yang ada di hatinya. Kalimat yang Yesus ungkapkan "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" (ay 47) merupakan bagian dari kutipan Mazmur 32:2 "Diberkatilah dia yang kesalahannya tidak diperhitungkan Tuhan dan tidak berjiwa penipu" dan Yesaya 53:9 "Ia tidak melakukan kekerasan dan tipu tidak ada di mulutnya" adalah kalimat yang pasti tidak asing bagi orang yang memahami Taurat seperti Natanael, Namun demikian Natanael terkejut mengetahui bagaimana Yesus dapat mengetahui hal ini.

Penjelasan akan jawaban Yesus "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara" hendak mengatakan bahwa Yesus mengetahui apa yang ada dalam hati Natanael. Bagi orang Yahudi, Pohon ara selalu diidentikkan dengan damai (atau kedamaian). Makna kedamaian diartikan pada kiasan "Seseorang tidak dapat terganggu pada saat ia sedang berada di bawah pohon anggurnya dan pohon aranya". Pohon ara juga merupakan pohon yang rindang dan teduh dimana orang dapat bermeditasi di bawahnya. Itulah yang sedang dialami dan dilakukan oleh Natanael. Ia sedang berdoa mengenai kapan kedatangan Mesias pada saat ia dipanggil oleh Filipus. Apa yang tengah ia doakan, panggilan Filipus ""Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret" serta jawaban Yesus membuat Natanael merasa bahwa Yesus dapat mengetahui apa yang ada dalam hatinya sehingga iapun percaya padaNya dan menjadi murid-Nya (ay. 49).
 

PENGENAAN
 


Penjelasan teks berbicara mengenai panggilan menjadi murid. Sikap rendah hati yang ditunjukkan oleh Yohanes Pembaptis, bagaimana Tuhan yang mengambil inisiatif terlebih dahulu, serta bagaimana Ia dapat mengetahui kedalaman hati orang yang dipanggilnya adalah pedoman untuk menjadi murid Kristus. Pemahaman panggilan menjadi murid menjadi sangat penting bagi remaja untuk menyadari bahwa panggilan hidup mereka sebagai seorang Kristen adalah mengikut Kristus. Di zaman yang lebih mementingkan ke-aku-an diri sendiri serta makin banyaknya remaja yang hanya menjalankan ritual keagamaan Kristen, hal ini menjadi sangat penting untuk dipahami. Bagi seorang Kristen, menjadi murid Kristus adalah keharusan, dimana kita belajar untuk mengenal Dia dengan jalan mengikuti-Nya sama seperti yang dilakukan oleh kedua murid-Nya (ay.37). Kerinduan untuk mengikut Kristus seharusnya datang dan dalam diri setiap Kristen dan bukan hanya karena ritual keagamaan belaka. Hal menarik yang dapat dilihat melalui teks ini adalah bahwa Yesus sendiri tidak pernah memaksakan orang lain untuk mengikutiŽNya, melainkan Ia mengundang mereka untuk datang dan melihat secara langsung siapakah Yesus itu, namun di saat bersamaan Ia juga telah mengetahui isi hati mereka. Menjadi murid Kristus tidaklah pernah merupakan paksaan, namun tetap menjadi keharusan bagi setiap orang yang ingin mengikuti Kristus.
 

LANGKAH-LANGKAH PENYAMPAIAN
 


1. Ajaklah remaja untuk memainkan game "Simon Says"
2.Jelaskan kepada remaja pemaknaan permainan Simon Says, yaitu bagaimana kita dapat mengikuti seseorang. Ternyata tidaklah mudah untuk mengikuti seseorang. Kita perlu memperhatikan dengan seksama apa yang dikatakan oleh orang yang kita ikuti. Demikian pula dengan mengikut Kristus. Kita perlu memperhatikan dengan jelas siapa Kristus dan mengenal-Nya dengan baik.
3.Bacalah teks Alkitab dan jelaskan bagaimana Yesus memanggil para murid-Nya
4.Jelaskan kepada remaja penjelasan teks, dan fokuskan pada sikap dan konsep menjadi murid Yesus.
5.Ceritakan ilustrasi untuk menguatkan kotbah mengenai bagaimana Yesus memanggil kita untuk mengikuti-Nya
6.Tutuplah dengan menyanyikan lagu "I will Follow Him" sebagai kerinduan dan komitmen remaja.

                                                                                                   
KEGIATAN


1. Bermain "Simon Says"
Simon says adalah permainan yang mengajak peserta untuk mengikuti apa yang dikatakan oleh pemimpin permainan. Jika pemimpin permainan mengatakan "Simon Says" atau "Simon (bisa diganti nama pemimpin permainan) berkata" maka peserta harus mengikuti apa yang dikatakan oleh pemimpin permainan, namun jika pemimpin tidak mengatakan "Simon Says" maka peserta tidak boleh melakukan apa yang dikatakan oleh pemimpin.

Contoh" pemimpin berkata "angkatlah tangan kanan kamu!" Karena pemimpin tidak mengatakan "Simon Says" maka peserta tidak boleh mcngikuti instruksi pemimpin. Sedangkan jika pemimpin berkata "Simon Says, berdiri!" maka peserta harus mengikuti instruksi pemimpin. Yang salah tidak diperkenankan untuk melanjutkan permainan. Lanjutkan permainan hingga mendapatkan pemenangnya (1-3 orang terakhir yang tetap mengikuti instruksi pemimpin dengan benar).

2. Menyanyikan lagu I will Follow Him

I will follow Him
Follow Him where ever he may go
And near Him I always will be
For nothing can keep me away
He is my destiny

I will follow Him
Ever since he touched my heart, I knew
There isn't an ocean too deep
A mountain so high it can keep
Keep me away, away from his love

I love Him, I love Him, I love Him
And where He goes I'll follow, I'll follow, I'll follow
I will follow Him, follow Him where ever he may go
There isn't an ocean too deep
A mountain so high it can keep, keep me away

We will follow Him
Follow Him where ever he may go
There isn't an ocean too deep
A mountain so high it can keep
Keep us away, away from His love

(I love Him)
Oh yes, I love Him
(I'll follow)
I'm gonna follow
(True love)
True love, he'll always be my true love
(Forever)
From now until forever

I love Him, I love Him, I love Him
And where He goes I'll follow, I'll follow, I'll follow
He'll always be my true love, my true love, my true love
From now until forever, forever, forever

There isn't an ocean too deep
A mountain so high it can keep
Keep us away, away from his love

Songwriters
Arthur Altman;Paul Julien A Mauriat;Jacques Plante; Norman (eng Lyr) Gimbel;Franck Marius L Pourcel
Published by LES EDITIONS JACQUES PLANTE
https://www.youtube.com/watch?v=ghHE_kVWXxM
 

ILUSTRASI


                                                                       "Come and Follow Me"
Seorang penyanyi lagu rakyat di Amerika mengatakan temannya yang adalah seorang anggota NAVY SEAL (SEa Air and Land) atau pasukan khusus Amerika sedang melakukan operasi rahasia, membebaskan sandera dari sebuah bangunan di tempat-tempat gelap di dunia. Tim temannya terbang dengan helikopter, membuat jalan mereka ke kompleks dan menyerbu ke ruang di mana para sandera telah dipenjara selama berbulan-bulan. Ruangan itu kotor dan gelap. Para sandera itu meringkuk di sudut, ketakutan. Ketika SEAL memasuki ruangan, mereka mendengar napas dari para sandera. Mereka berdiri di pintu dan memanggil, para tahanan, mengatakan kepada para sandera bahwa mereka adalah orang Amerika. SEAL meminta para sandera untuk mengikuti mereka, tetapi para sandera tidak bergerak. Mereka duduk di lantai dan menutup mata mereka dalam ketakutan. Mereka tidak percaya penyelamat mereka adalah benar-benar orang Amerika.

Pasukan SEAL berdiri di sana, tidak tahu apa yang harus dilakukan. Mereka tidak mungkin mengangkat semua sandera keluar. Salah satu anggota SEAL, teman penyanyi lagu rakyat ini, punya ide. Dia meletakkan senjatanya, melepas helmnya, dan memeluk erat beberapa sandera di sebelahnya. Ia berusaha untuk menunjukkan kepada mereka dia adalah salah satu dari mereka. Tak satu pun dari para penjaga penjara yang menahan mereka akan melakukan ini. Dia diam dalam tindakannya untuk sementara hingga beberapa sandera memperhatikannya dan melihat matanya.
Kemudian is berbisik dan mengatakan bahwa mereka berada di sana untuk menyelamatkan mereka. "Marilah dan ikutilah kami". Seorang dari sandera berdiri dan mulai mengikutinya, diikuti sandera-sandera lainnya, sampai semua dari mereka bersedia untuk pergi. Cerita berakhir dengan semua sandera aman di sebuah kapal induk Amerika.

Donald Miller, dari buku Blue like Jazz

 

 


A R S I P
| derap januari 0116 | derap januari 0216 | derap januari 0316 |
| derap januari 0416 | derap januari 0516 | derap februari 0116 | derap februari 0216 | derap februari 0316 |
| derap februari 0416 | derap maret 0116 | derap maret 0216 | derap maret 0316 | derap maret 0416 |
 | derap april 0116 | derap april 0216 | derap april 0316 | derap april 0416 | derap mei 0116 |

 | derap mei 0216 | derap mei 0316 | derap mei 0416 |derap mei 0516 |derap juni 0116 | derap juni 0216 |
 | derap juni 0316 | derap juni 0416 |derap juli 0116 | derap juli 0216 | derap juli 0316 | derap juli 0416 |  |derap juli 0516 | derap agustus 0116 | derap agustus 0216 | derap agustus 0316 | derap agustus 0416 |
| derap september 0116 | derap september 0216 | derap september 0316 | derap september 0416 |
| derap oktober 0116 | derap oktober 0216 | derap oktober 0316 | derap oktober 0416 |
| derap oktober 0516 | derap nopember 0116 | derap nopember 0216 | derap nopember 0316 |
|derap nopember 0416 | derap desember 0116 | derap desember 0216 | derap desember 0316 |
| derap desember 0416 | derap januari 0117 | derap januari 0217 | derap januari 0317 |
| derap januari 0417 |derap januari 0517 | derap februari 0117 | derap februari 0217 |
| derap februari 0317 | derap februari 0417 | derap maret 0117 |derap maret 0217 |
| derap maret 0317 | derap maret 0417 | derap april 0117 | derap april 0217 | derap april 0317 |
| derap april 0417 | derap april 0517 |

 

Sahabat Surgawi,
 Media pelayanan antar jemaat, antar Gereja antar denominasi OnLine
www.sahabatsurgawi.net - webmaster@sahabatsurgawi.net, Copyright Đ 1999