HOME KESAKSIAN DOA ABOUT US CONTACT US LINK

 
















 
Cara mendapatkan Derap Remaja

Pembayaran dapat dilakukan dengan 2 cara :
1. Via Bank:
Tahapan BCA no. 0372999053, an. Wisnu Sapto Nugroho
Segera kirimkan pemberitahuan pengiriman bank.
2. Via Pos Wesel:
dengan cara memakai blangko yang dilampirkan dalam surat pengantar.
Pdt. Wisnu Sapto Nugroho, Samirono Baru 71 Kompleks LPPS Yogyakarta 55281

Alamat Sekretariat & Distribusi DERAP REMAJA:
Samirono Baru 71 Kompleks LPPS Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 514721 Fax(0274) 543001

Harga per eksemplar Rp. 40.000,-
 

DERAP REMAJA EDISI 45
Januari - Juni 2019
Bahan Pembinaan Remaja Gereja Kristen Indonesia


Gereja adalah Kita | Oikoumene | Gereja di Tengah Dunia | Bangga
Menjadi GKI
   

Gereja di Tengah
Masyarakat
 


  Gereja Adalah Kita
 

fokus
Remaja seringkali tidak menyadari diri mereka sebagai bagian dari gereja. Pemahaman gereja yang terbatas pada gedung, organisasi dan instansi membuat remaja tidak menyadari keberadaan diri mereka sebagai gereja, dan pada akhirnya pemahaman akan misi Allah tidak menjadi sesuatu yang penting bagi mereka. Pemahaman gereja yang sempit ini membawa dampak yang keliru bagi remaja kala mereka kemudian memposisikan sebagai penonton atau penikmat semata. Terlebih parah adalah jika mereka kemudian merasa bahwa gereja adalah tempat mereka dilayani, baik dari tampilan, konten dan lain sebagainya. Jika mereka tidak terpuaskan maka mereka mencari tempat lain yang dapat memberikan kepuasan pada mereka. Oleh karena itu melalui pembelajaran kali ini remaja diajak untuk belajar memahami diri mereka sebagai gereja yang memiliki peran dan tanggung jawab sebagai bagian di dalamnya.

Materi ini membutuhkan:
- Karton manila/kertas flipchart sesuai jumlah kelompok
- Spidol berwarna warni untuk masing-masing kelompok

 

penjelasan teks
1. Gereja
Dalam bahasa Yunani kata Petrus adalah Petros dan batu adalah Petra. Nama Aram Petrus adalah Kefas yang juga berarti batu karang. Permainan kata ini menjadi suatu penemuan yang menarik, karena dengan demikian Yesus berkata kepada kepada Petrus begini: "Kamu adalah Petros, dan di atas petra ini Aku akan membangun Gereja."
Pernyataan Yesus mengenai batu ini menjadi penting karena mengingat pada Abraham yang disebut sebagai batu di mana bangsa dan tujuan Allah dibangun. Batu juga sering diasosiasikan dengan Allah sendiri. "Dia adalah Batu; pekerjaannya sempurna" (Ul. 32:4). "Karena batu mereka tidak seperti Batu Karang kita" (Ul. 32:31). "Tidak ada batu seperti Allah kita" (I Sam. 2:2). Frasa yang sama terjadi dalam Mazmur 18:2. "Siapa itu batu, kecuali Tuhan kita?" (Mzm. 18:31).

Batu itu adalah Allah dan di atas pondasi itulah gereja dibangun. Karena Petrus menjadi murid pertama yang menyadari siapa Yesus sebenarnya, maka Yesus menyatakan bahwa Petrus adalah batu pertama gereja Allah. Dalam Efesus 2:20 para nabi dan para rasul juga dikatakan sebagai pondasi Gereja. Melalui pekerjaan dan kesaksian merekalah gereja berkembang. Dalam bagian yang sama, Yesus Kristus adalah batu penjuru; dia adalah kekuatan yang menyatukan Gereja. Tanpa Dia, seluruh bangunan akan hancur dan runtuh. Sementara dalam I Petrus 2:4-8 semua orang Kristen adalah batu hidup yang akan dibangun ke dalam jalinan Gereja. Gambaran batu menjadi sesuatu yang khusus dalam kehidupan iman Kristen.
Penggunaan kata 'gereja'. yang Yesus maksudkan sebenarnya tidak mengacu pada suatu bangunan, institusi maupun organisasi, namun pada orang. Kata yang Yesus pergunakan adalah qahal (lbrani) yang merupakan kata yang digunakan Perjanjian Lama untuk Jemaat Israel, persekutuan umat Tuhan. Hal ini menyatakan bahwa gereja mengacu pada orangnya (ekklesia, Yunani) yang memiliki persekutuan khusus dengan Yesus sebagai pondasinya. Kristus yang memanggil, maka gereja berasal dari Kristus sendiri. Gereja bukanlah kelompok manusia yang berdiri atas inisiatif sendiri, tetapi Kristuslah yang dengan perantara Firman dan Roh mengumpulkan bagi-Nya jemaat itu. Gereja adalah persekutuan orang percaya yang dikumpulkan oleh Kristus. Yang Yesus nyatakan kepada Petrus adalah bahwa melalui Petruslah gereja Allah yang merupakan persekutuan umat Kristus akan dimulai dan berkembang.

2. Peran dan Tanggung Jawab
Kata 'melepas dan mengikat' (ay. 19) adalah frasa Yahudi yang sangat umum. Kata ini biasanya digunakan oleh guru (Rabbi) agung. Mereka dengan kebijakannya, memiliki kekuasan untuk memberikan izin akan sesuatu dan juga kekuasaan untuk melarang. Mengikat berarti melarang, sementara melepas berarti mengizinkan. Hal ini juga biasa digunakan dalam tatanan hukum.
Keistimewaan yang diberikan Yesus kepada Petrus berarti bahwa Petrus akan menjadi pengurus rumah tangga Allah, membuka pintu bagi setiap orang untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah. Kepercayaan dan kuasa yang Yesus berikan untuk mengikat dan melepaskan berarti bahwa Petrus harus mengambil keputusan-keputusan penting tentang kehidupan dan praktik gereja pada masa itu yang akan memiliki dampak paling luas. Petrus menyadari benar kepercayaan dan kekuasaan yang diberikan dan hal inilah yang dilakukan oleh Petrus dalam kitab Kisah Para Rasul.

Petrus telah membuat penemuan besar dengan menyadari siapa Yesus, dan Petrus diberi hak istimewa dan tanggung jawab besar. Ini adalah penemuan yang setiap orang harus buat untuk dirinya sendiri. Dan ketika dia berhasil, hak istimewa yang sama dan tanggung jawab yang sama akan dilimpahkan kepadanya.

pengenaan
Dalam dunia saat ini remaja secara umum menjadi pusat daya tarik produk-produk konsumerisme dan dunia kapitalisme yang memposisikan mereka sebagai obyek. Dunia ini menarik kaum muda ke dalamnya dan remaja Kristen tanpa disadari lebih banyak terlarut di dalamnya. Warna kasih Allah dan misi Allah menjadi tidak tampak. Demikian pula dengan kehidupan bergereja, terdapat kecenderungan remaja dilihat sebagai usia yang masih lemah dan tidak mampu untuk melakukan perubahan. Padahal misi dan kasih Allah tidak mengenal perbedaan usia. Salah satunya adalah karena remaja tidak memahami dengan jelas akan makna gereja, atau gereja yang tidak menjalankan perannya sesuai panggilan dan misi-Nya.

Gereja memiliki misi di dalam dunia sebagai kepanjangan tangan Allah yang diberikan kuasa oleh¬Nya. Misi ini dapat dinyatakan jika disadari oleh pengikut-Nya. Kesadaran akan gereja sebagai perkumpulan dan persekutuan orang percaya dapat memberikan dampak yang berbeda bagi kaum muda. Gereja bukan lagi gedungnya atau organisasinya, bukan pula doktrin-doktrin dan program¬progamnya. Tetapi gereja adalah kita, setiap manusia yang dibangun oleh kasih Allah dan turut serta dalam menyatakan misi-Nya dalam dunia. Kita yang berbeda-beda namun disatukan oleh kasih dan misi Allah. Melalui kesadaran ini, diharapkan remaja menyadari diri mereka sebagai subyek atau pelakunya, bukan obyek.
Sama seperti Petrus yang menyadari siapa Yesus, maka setiap.murid-Nya yang dalam proses pencariannya menyadari siapa Yesus, juga diberikan kekuatan dan kekuasaan yang berasal dari Yesus. Kekuatan dan kekuasaan yang membuat remaja mampu untuk menyatakan kasih dan misi Allah dan memberi dampak yang baik dalam kehidupan mereka.

langkah-langkah penyampaian
1. Bukalah dengan menanyakan pada remaja apa yang mereka pahami dengan Gereja.
2. Lalu bacalah perikop Alkitab dan dilanjutkan dengan Penjelasan Teks. Gunakanlah Ilustrasi untuk menekankan Penjelasan Teks dan Pengenaan.
3. Masuklah pada Kegiatan. Jadikanlah kegiatan ini sebagai refleksi untuk melihat apakah remaja menyadari akan makna gereja dan peran mereka di dalamnya. Mintalah mereka untuk mempresentasikan hasil diskusi dan karya mereka dan buatlah kesimpulan bersama.

kegiatan
Bentuklah beberapa kelompok dan mintalah remaja untuk menggambarkan gereja yang mereka bayangkan. Suasananya, ruangan-ruangannya,setiap alasan mengapa mereka berada di sana, misi dan tujuannya, kegiatan-kegiatannya serta peran dan tanggung jawab mereka di dalamnya. Mereka dapat menggambarkannya dalam sebuah karton manila dan kemudian mintalah mereka untuk mempresentasikannya.

ilustrasi
Video "What is the Church"
(https://www.youtube.com/watch?v=ifnJtkAnBq4)
 

 


 

A R S I P  
| derap desember 0118 | derap desember 0218 | derap desember 0318 |
| derap desember 0418 | derap desember 0518 | derap januari 0119 | derap januari 0219 | derap januari 0319 | derap januari 0419 |
| derap februari 0119 | derap februari 0219 | derap februari 0319 | derap februari0419 |
| derap maret 0119 | derap maret 0219 | derap maret 0319 | derap maret 0419 | derap maret 0519 |
| derap april 0119 | derap april 0219| derap april 0319 | derap april 0419 |


Sahabat Surgawi
,
 Media pelayanan antar jemaat, antar Gereja antar denominasi OnLine
www.sahabatsurgawi.net - webmaster@sahabatsurgawi.net, Copyright © 1999