HOME ABOUT US KESAKSIAN AGENDA GEREJA LINK CONTACT US



 

Derap Remaja Edisi 42
Juli-Desember 2017
Bahan Pembinaan Remaja Gereja Kristen Indonesia


Pembayaran dapat dilakukan dengan 2 cara :

1. Via Bank:
Tahapan BCA no. 0372999053, an. Wisnu Sapto Nugroho
Segera kirimkan pemberitahuan pengiriman bank.
2. Via Pos Wesel:
dengan cara memakai blangko yang dilampirkan dalam surat pengantar.
Pdt. Wisnu Sapto Nugroho, Samirono Baru 71 Kompleks LPPS Yogyakarta 55281

Alamat Sekretariat & Distribusi DERAP REMAJA:
Samirono Baru 71 Kompleks LPPS Yogyakarta 55281

Harga per eksemplar Rp. 40.000,-

 

September 2017
Hidup
   

56 Pertumbuhan
 
 
1
62 Mens Sana in Corpore Sano
 
 
2
66 Teknologi: Hidup Lebih Mudah
 
 
3
70 Lifestyle  
4
     

September 2017 Minggu II

Mens Sana in Corpore Sano
Bacaan:
1 Timotius 5:23
Bahan yang diperlukan: -

 

 

Fokus


Remaja kerap kali lebih memerhatikan penampilan daripada kesehatan. Olahraga yang dipilih remaja untuk ditekuni biasanya lebih terkait dengan gaya hidup dan penampilan. Bodybuilding, sebagai contoh, dilakukan bukan demi menjaga kesehatan melainkan demi mendapatkan bentuk tubuh yang dianggap ideal, seperti sixpack. Bahkan demi bentuk tubuh yang ideal itu, banyak orang termasuk remaja menggunakan berbagai macam cara — salah satunya obat-obatan yang mengandung steroid atau diet yang berlebihan — yang dapat merusak kesehatan. Rusaknya kesehatan memang tidak dirasakan remaja yang masih kuat dan sehat.Akan tetapi di masa depan, dampaknya mungkin baru terasa. Pelajaran ini dirancang agar remaja menyadari pentingnya menjaga kesehatan.

Penjelasan Teks

Surat Timotius termasuk dalam surat Pastoral. Dalam surat Timotius — sebagaimana ciri khas surat Pastoral — isi surat ini ditujukan kepada gembala umat, yaitu Timotius. Isi surat menyangkut berbagai macam hal terkait dengan pelayanan Timotius sebagai pemimpin umat. Menariknya, nasihat yang diterima Timotius tak hanya terkait dengan pelayanannya tetapi juga tentang kesehatannya. Hal ini menyiratkan pemahaman betapa pentingnya kesehatan dalam pelayanan.

Sekalipun nama Timotius muncul dalam Kisah Para Rasul (misalnya Kis 19:22), namun kita tidak tahu secara persis siapa Timotius yang dimaksud dalam surat ini. Agaknya penulis mengenal cukup baik siapa Timotius. Hal terlihat dari penyebutan nama nenek dan Ibu Timotius secara tegas, juga pengenalan kebiasaan Timotius yang hanya minum air saja. Kebiasaan ini berangkat dari tradisi kesalehan pada waktu itu yang dilakukan dengan agak keras. Kebiasaan itu tentu tidak salah, namun tidak tepat mengingat kesehatan yang tampaknya kurang baik yang dialami Timotius. Dalam teks dikatakan pencernaannya terganggu. Pencernaan yang terganggu ini menyebabkan Timotius sering sakit (lihat terjemahan BIMK). Tentang hal ini ada tafsiran yang menyatakan bahwa kemungkinan Timotius menderita gangguan perut yang disebabkan oleh unsur alkali dalam air. Oleh karena itu, is diberi anjuran untuk menambahkan sedikit anggur pada air untuk membuat tawar efek yang berbahaya dari unsur alkali.

Menurut tulisan Yunani kuno di bidang pengobatan, anggur yang dipakai untuk mengobati perut sering tidak memabukkan. Athenaeus mengatakan, "Biarlah dia minum anggur manis, yang dicampur dengan air atau dihangatkan, terutama jenis anggur yang disebut protropos (sari buah yang berasal dari buah anggur sebelum diperas), yang baik untuk perut, karena anggur manis (oinos) tidak membuat kepala terasa berat" http://alkitab.sabda.org/commentary.php?book=54&chapter=5&verse=23).

Bagi orang yang hidup dalam kesalehan yang keras, anggur adalah minuman yang diharamkan. Padahal dalam teks Alkitab, anggur justru kerap dianjurkan untuk diminum asalkan tidak memabukkan (bdk. Efesus 5:18; I Korintus 6:12). Dalam nasihat kepada Timotius, minum anggur juga dianjurkan agar memberikan efek kesehatan yang semakin prima sehingga pelayanan dapat berjalan dengan baik.

Pengenaan

 
Ungkapan latin mens sona in corpore sano amat kita kenal. Istilah itu diterjemahkan dengan "di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat." Istilah yang menjadi slogan dalam dunia olehraga ini bermakna pentingnya kesehatan tubuh. Demi menjaga kesehatan banyak tips yang ditawarkan. Banyaknya tips kadang membuat kita bingung, seperti apa sih hidup yang sehat. Pada umumnya jika kita perhatikan cara menjaga kesehatan terkait erat dengan pola hidup. Gaya hidup konsumtif, misalnya, membuat kita gemar menikmati menu-menu baru dari berbagai rumah makan yang silih berganti datang tanpa henti. Dengan demikian, menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan mencermati pola hidup kita.
Sebuah blog kesehatan Indonesia, kesehatanpedia.com, dengan mengamati kehidupan remaja masa kini, memberikan tips pola hidup sehat buat remaja, yaitu:
1. Melakukan aktivitas sehat
2. Mengajak otak untuk berolahraga
3. Menjaga berat badan
4. Mengontrol pola makan
5. Memenuhi asupan Vitamin D dan Kalsium
6. Tidak menjemur tubuh di terik Matahari
7. Memenuhi asupan Omega 3 dan Asam Lemak

Menjaga tubuh penting, bukan hanya bagi fisik tetapi juga bagi spiritualitas kita. Ada penelitian yang mengatakan bahwa 81% frekuensi kegiatan spiritualitas, seperti pelayanan, memiliki hubungan positif dengan status kesehatan dan peyakit fisik. Pada umumnya, orang yang sedang mengalami kekurangan fisik (karena sakit) dapat mengalami relasi yang kurang baik dengan Tuhan. Bisa jadi ia menjadi pribadi yang murung, tidak percaya diri, takut, bahkan membenci Tuhan. Itu sebabnya, menjaga kesehatan fisik menjadi asupan buat kesehatan spiritual kita.
 

Langkah-langkah Penyampaian


1. Ajak remaja mendiskusikan apa yang selama ini mereka kejar: kesehatan atau penampilan? Berikan umpan balik untuk setiap jawaban.
2. Jelaskan bahwa Alkitab bukanlah buku kesehatan. Jadi adalah keliru jika kita melakukan diet berdasarkan teks-teks Alkitab (kerap disebut Bible Diet). Alkitab adalah buku yang menceritakan sejarah keselamatan. Namun sekalipun demikian,Alkitab tidak abai dengan kesehatan. Masuklah pada Penjelasan Teks.
3. Menjaga kesehatan terkait dengan pola hidup. Pola hidup harus terus menerus diupayakan agar menjadi habitus (naluri yang baik). Sampaikan contoh tips pola hidup sehat dalam Pengenaan.
4. Sampaikan ilustrasi untuk menegaskan bahwa manusia seringkali mencari alasan untuk kenikmatan dirinya, yang pada gilirannya justru dapat mengganggu kesehatannya dirinya.
5. Masuklah dalam kegiatan.

Kegiatan

Diskusi pro-kontra
* Bentuklah dua kelompok yang seimbang. Untuk kelompok 1 tugaskan peserta untuk mencari alasan mengapa orang tidak boleh merokok (misalnya: alasan kesehatan terkait racun yang terkandung dalam rokok, atau alasan ekonomi yang menghitung berapa rupiah yang bisa ditabung jika tidak merokok). Sedangkan kelompok 2 mencari alasan mengapa orang boleh merokok (misalnya: cukainya dipakai untuk pembangunan negara, tidak terbukti merokok membuat pendek umur).
* Mintalah wakil kelompok (wakilnya bisa bergantian) untuk berdebat tentang boleh tidaknya merokok. Pembimbing remaja menjadi moderator atau penengahnya.
* Setelah waktunya dianggap cukup, pembimbing memberikan pokok-pokok kesimpulan. Kesimpulan dikaitkan dengan pemahaman bahwa ada kaitan antara kesehatan fisik dengan kesehatan spiritual (lihat bagian Pengenaan).

Ilustrasi

Seorang bapak, anggaplah bernama Polan, kena serangan jantung ringan. Dokter yang adalah temannya memberikan peringatan agar Pak Polan harus mulai menjaga pola hidup sehat. Salah satunya berolahraga dan makan makanan sehat. Untuk menyederhanakan penjelasan, dokter menyatakan carilah makanan yang bisa berenang.
Sepekan kemudian, dokter itu datang berkunjung. Ia bertanya kepada pekerja rumah tangga (PRT) tentang keberadaan Pak Polan. PRT memberikan penjelasan kalau Bapak sedang berada di kolam renang. Mendengar penjelasan tersebut, dokter itu senang dan segera pergi ke kolam renang. Betapa terkejutnya dia melihat di kolam renang, Pak PoIan sedang mengajari kambing dan babi berenang!

                                                                                         


 

Sahabat Surgawi,
 Media pelayanan antar jemaat, antar Gereja antar denominasi OnLine
www.sahabatsurgawi.net - webmaster@sahabatsurgawi.net, Copyright 1999