HOME

HOME

ABOUT US

KESAKSIAN

AGENDA GEREJA

LINK

CONTACT US

     
 
Pemahaman Alkitab

                                                                                         

JANUARI II

Bacaan              : Markus 5:1-20
Tema Liturgis   : Alam menunjukkan Tuhan dan kuasa keselamatanNya
Tujuan PA        : Menggunakan alam untuk keselamatan manusia.

Pengantar
Digambarkan dalam perikop kita ini betapa jahat dan kuatnya Legion yang merasuki orang itu. Roh-roh itu menyiksa orang itu dengan memukuli dirinya dengan batu. Dia tidak bisa dikendalikan oleh apapun dan siapapun. Tentu orang ini sangat menakutkan orang lain. Namun demikian, begitu melihat Yesus, dia berlari mendatangi dan menyembah Yesus. Itu menunjukkan betapa ketakutannya roh jahat itu kepada Tuhan kita Yesus Kristus. Itu membuktikan bahwa Tuhan Yesus berkuasa atas mereka; roh-roh jahat itu sepenuhnya tunduk kepada Tuhan Yesus. Sekalipun demikian, Tuhan Yesus masih punya belas kasihan kepada mereka, tidak menghukum atau menyiksa mereka seperti yang dikuatirkan oleh roh-roh itu. Tuhan Yesus hanya menghendaki mereka keluar dari orang itu. Tuhan Yesus menghendaki orang itu dibebaskan dari kekuasaan jahat, orang itu diselamatkan. Legion itu mau keluar dari orang itu. Legion itu taat kepada Tuhan Yesus, tetapi juga minta diijinkan masuk ke dalam babi-babi yang sedang mencari makan di daerah itu; dan Tuhan Yesus mengijinkan mereka.

Gerasa bukanlah daerah orang Yahudi. Karena itu, di situ ada banyak babi yang digembalakan. Babi adalah binatang najis bagi orang Yahudi. Tuhan Yesus mengijinkan Legion itu masuk ke dalam babi-babi itu bukan karena babi-babi itu adalah binatang najis, tetapi karena mereka memintanya begitu. Bahkan binatang yang najis pun diijinkan oleh Tuhan untuk dilibatkan demi keselamatan manusia.

Babi sebagai binatang adalah merupakan bagian dari alam ciptaan Tuhan ini. Semua bagian dari alam ini diciptakan oleh Tuhan untuk memenuhi kebutuhan dari masing-masing bagiannya. Para ilmuwan menyebut adanya rantai makanan di antara semua makhluk hidup. Tetapi di antara semua ciptaan, bukan hanya makhluk hidup, terbukti adanya rantai kepentingan satu sama lain. Dengan begitu, semua bagian dari alam ini terjaga kelestariannya dan terpelihara kebaikannya. Di antara semuanya itu, keselamatan manusia adalah yang utama. Semua bagian alam bisa dilibatkan dan berperan demi keselamatan manusia, kelestarian dan kebaikan semuanya.

Kenyataan yang banyak terjadi adalah bahwa manusia sering melibatkan atau memanfaatkan bagian dari alam ini bukan untuk kelestarian dan kebaikan semuanya, bahkan juga tidak peduli pada keselamatan diri manusia itu sendiri. Banyak sikap dan tindakan yang justru merusak bagian alam yang lain, menyebabkan punahnya bagian alam yang lain serta menyebabkan kematian yang mengenaskan pada diri manusia itu sendiri.

Pertanyaan untuk dipergumulkan:

  1. Narkotika, alkohol (dalam minuman, buah-buahan, dsb) adalah juga bagian dari alam ini. Bagaimana pendapat saudara mengenai penggunaannya?
  2. Banyak bagian alam yang sudah rusak dan menyebabkan kerusakan pada bagian alam yang lain. Apa yang bisa kita perbuat demi perbaikan dan kelestariannya?
  3. Apa yang bisa kita perbuat demi keselamatan dan kesejahteraan manusia?

Pdt. Suko Tiyarno Ch.

                                                                                                                                        
                                                                                       
Sumber: https://gkjw.or.id

| A R S I P |

 

 

Copyright 1999 www.sahabatsurgawi.net
All rights reserved.