HOME

HOME

ABOUT US

KESAKSIAN

AGENDA GEREJA

LINK

CONTACT US

     
 
Pemahaman Alkitab
                                                                                                                            JUNI I

Bacaan : Yohanes 16 : 4b-15
Tema : Roh Kudus Mengobarkan Semangat Bersaksi dan Melayani

Keterangan Teks :

Bayangkan perasaan murid-murid Yesus. Yesus memberitahu bahwa Ia akan pergi meninggalkan mereka dan selanjutnya mereka akan dibenci dan diburu oleh orang-orang yang membenci Yesus. Tentu ini membuat mereka sedih sehingga kehilangan minat untuk mengetahui tujuan kepergian Yesus (5-6). Mereka tidak tahu apa gunanya kedatangan Roh Kudus bagi mereka. Oleh karena itu, Yesus memberikan mereka lebih banyak informasi mengenai makna kedatangan Roh Kudus bagi mereka. Yesus menyatakan bahwa Roh Kudus akan melakukan tiga jenis pelayanan saat Ia datang: Ia akan meyakinkan dunia (8-11), mengajar murid-murid (12-13), dan memuliakan Yesus (14-15).

Jelaslah bahwa Yesus tidak akan meninggalkan murid-murid begitu saja. Ada Roh Kudus yang akan memperlengkapi mereka dan memberi mereka kuasa sehingga mereka dimampukan untuk melaksanakan mandat yang Tuhan anugerahkan bagi mereka.

Kita, yang percaya kepada Yesus, mendapat perintah juga untuk memberitakan Injil kepada dunia yang tidak percaya ini. Ini bukan hanya berat, tetapi nampak mustahil! Bayangkan saja, memberitakan Injil kepada dunia yang membenci Kristus, membenci Injil, dan membenci murid-murid-Nya! Lalu bagaimana mungkin kita berharap agar orang datang kepada Yesus dalam iman? Melalui pemberitaan firman Tuhan dan melalui karya Roh Kuduslah orang menjadi beriman kepada Kristus.

Ingatlah bahwa Allah bekerja di dalam dan melalui kita untuk memenangkan orang berdosa bagi Kristus. Ketika kita memberitakan Injil, Roh Kuduslah yang sesungguhnya bekerja untuk meyakinkan orang berdosa mengenai kebenaran Injil. Karena itu, jangan takut untuk mengabarkan Injil Tuhan. Namun kita tentu tidak boleh gegabah dan asal memberitakan. Kita perlu hikmat Tuhan untuk melaksanakan tugas berat, tetapi mulia ini, karena kita rindu Injil terus dikumandangkan.

Pertanyaan yang perlu digumuli:
1. Bulan Kesaksian dan Pelayanan ini merupakan momentum yang diciptakan oleh GKJW agar warga mengembangkan diri dan menjadi Saksi serta Pelayan Kristus di tengah kehidupan nyata. Dengan melihat kenyataan jaman sekarang, apa prioritas untuk kesaksian dan pelayanan kita?

2. Perasaan ragu, takut, enggan, serta kuatir sering menghalangi kita dalam memulai sebuah aksi pelayanan dan kesaksian. Susunlah strategi yang bisa dipakai untuk mengatasinya. Buatlah tim/kelompok lalu rumuskan strategi tersebut dan ungkapkan di depan yang lain. Tujuannya untuk berbagi supaya peran saling melengkapi/mengisi bisa terwujud dalam kegiatan kesaksian dan pelayanan.

Pdt. Kristian Handoyo Murti


Sumber: https://gkjw.or.id

| A R S I P |

 

 

Copyright 1999 www.sahabatsurgawi.net
All rights reserved.