HOME

HOME

ABOUT US

KESAKSIAN

AGENDA GEREJA

LINK

CONTACT US

     
 
Pemahaman Alkitab
                                                                                         SEPTEMBER I

Bacaan: Yeremia 17: 1-8.
Tema : Firman Allah Mendasari Sikap dan Tindakan Umat
Penjelasan Teks
Dosa dari Yehuda telah tertulis dengan pena besi

Sejumlah ucapan-ucapan ini memperlawankan orang Israel yang sejati dengan yang palsu. Dosa itu mulai dari dalam hati, dan kesalahan Yehuda tak dapat diingkari (ay. 1). Karena dosanya itu mereka akan dihukum (ay. 2-4). Orang fasik percaya kepada manusia dan dikutuk (ay. 5-6), sedangkan orang yang benar atau percaya kepada Allah dan masa depannya akan dijamin oleh Allah. (ay. 8, dan lihat Mazmur 1: 1 dst).

Ayat 9-10 kembali kepada karya misterius di hati manusia, dan menyatakan bahwa hanya Allah yang dapat menyelidiki jalannya yang tidak terduga itu (ay. 10). Sebuah contoh dari jalan yang tidak terduga adalah orang yang mencari kekayaan dengan cara yang tidak jujur (ay. 11 dan lihat Lukas 12: 13-21). Pengamatan nabi Yeremia mengenai hati manusia diakhiri dengan sebuah pernyataan kutukan bagi mereka yang meninggalkan Allah.


Pengakuan ketiga Yeremia

Pengakuan ini hendaknya ditafsirkan dalam terang pengamatan Yeremia mengenai karya misterius dari hati manusia yang disebut dalam 17: 5-10. Seperti dalam pengakuan yang pertama dan kedua, Yeremia memohon kepada Allah untuk menyembuhkannya (ay. 14), untuk memperhatikan cemoohan dan hujatan musuh-musuhnya (ay. 10), dan untuk mengingat bagaimana ia tidak menekankan kehancuran musuh-muuhnya (ay. 10). Tentu saja ia berdoa agar musuh ini dan bukan dirinya sendiri dipermalukan (ay. 17-18), karena hanya dengan demikian akan tampak bahwa Allah adalah Allah yang adil.


Pertanyaan untuk digumuli

Apakah Anda sadar bahwa Ibadah Anda selama ini merupakan Ibadah yang sejati? Jika tidak apa upaya Anda untuk merubahnya agar menjadi Ibadah yang sejati?

Pdt. Didik Prasetyoadi Mestaka

Sumber : GKJW (Gereja Kristen Jawi Wetan): https://gkjw.or.id

 

| A R S I P |

 

 

Copyright 1999 www.sahabatsurgawi.net
All rights reserved.