HOME

HOME

ABOUT US

KESAKSIAN

AGENDA GEREJA

LINK

CONTACT US

     
 
Pemahaman Alkitab

Bahan PA 3.

“BERIBADAH: MENOLONG ORANG SUSAH”
(Yakobus 1:19-27)

 
Surat Yakobus ditujukan kepada "semua umat Allah yang tersebar diseluruh dunia". Dengan memakai berbagai peribahasa, Yakobus memberikan di dalam suratnya ini sejumlah petunjuk dan nasihat yang praktis untuk orang Kristen mengenai kelakuan dan perbuatan  misalnya kekayaan dan kemiskinan, godaan, kelakuan yang baik,prasangka, iman dan perbuatan, ucapan-ucapan mulut, kebijaksanaan,pertengkaran, keangkuhan dan kerendahan hati, hal menyalahkan orang lain, membual, kesabaran, dan doa.Surat ini menekankan bahwa dalam menjalankan agama Kristen, iman harus disertai perbuatan.Perikop Yakobus 1:19-27 adalah Pendengar atau Pelaku Firman, yang dalam uraian ayat-ayatnya dapat juga dibagi dalam 3 bagian, yaitu tentang: 1) Pengekangan diri, 2) Pendengar dan pelaku Firman, dan 3)Ibadah yang sejati.

PERTANYAAN PENGAMATAN
1.Bagaimana cara supaya amarah dapat diredam, dan kenapa amarah tidak perlu?
2.Dengan apa sifat-sifat dan perbuatan ’manusia lama’ ditanggalkan,
kemudian menjadi pelaku apa?
3.Apa kiasan terhadap orang yang mendengar firman tetapi tidak melakukannya?
4.Apa upah bagi orang yang sungguh-sungguh melakukan hukum?
5.Bagaimana cara dan perbuatan agar ibadah yang dilakukan tidaksia-sia?

PERTANYAAN PENDALAMAN
6.Tentang hal marah disebut “agar lambat marah, sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah”(Yak. 1:19-20).Kalaupun marah, janganlah matahari terbenam sebelum padam amarah (Ef. 4:26). Tapi dalam nats lain disebut juga agar membuang marah (Ef. 4:31; Kol. 3:8). Apakah dalam hidup ini marah itu tidak perlu?
7.Dalam hal menerima firman Tuhan, hati manusia haruslah bersih/kudus (Yak. 1:21) dan diumpamakan seperti kondisi benih yang ditabur di tanah (Mat. 13:4-8). Mari kita pikir ulang keberadaan hati dan jiwa kita untuk dapat menerima firman Tuhan dengan baik,sebab Firman Tuhan dapat bersemi dan bertumbuh baik dalam diri seseorang. Tetapi ada juga keadaan dimana firman Tuhan bertumbuh tidak baik (2 Ptr. 2:1; Mat. 24:11). Bagaimana pendapat Sdr tentang hal ini?
8.“Pelaku Firman dan bukan hanya pendengar saja” (di Perjanjian Baru hanya terdapat di Yakobus 1:22a). Pelaku Firman yang bagaimanakah yang dimaksudkan nats ini? Ada juga pelaku Firman seperti tertulis dalam Matius 24:24. Jelaskanlah pemahaman Sdr tentang kata-kata ini!
9.Kalau tidak berbuat atau tidak melaksanakan Firman, berarti “menipu diri sendiri” (Yak. 1:22b). Secara umum pengertian menipu diri dapat dipahami dari 1 Korintus 3:18 ataupun Galatia6:3. Hal menipu diri juga terjadi kalau kita tidak mengekang lidahdan sia-sialah ibadah (Yak. 1:26). Jelaskanlah juga hal menipu diri ini!
10.Menurut Ensiklopedi Alkitab Masa Kini disebut bahwa satu-satunya definisi agama sejati yang pernah diberikan dalam Perjanjian Baru, dapat dijumpai hanya dalam Yakobus 1:27 ini. Jelaskanlah pemahaman Sdr akan nats Yakobus 1:27 ini!

PERTANYAAN PENERAPAN
Kalau kita membaca ulang Yakobus 1:19-27, maka isinya dapat diringkaskan ke dalam 3 bagian untuk diterapkan dalam kehidupan,yaitu:
11.Pengekangan diri Di dalam kehidupan kita hari lepas hari, sampai berapa jauhkah kita mampu mengendalikan, mengekang atau melarang diri kita berbuat hal-hal yang tidak baik dalam keluarga, lingkungan kerja, bergereja dan masyarakat?

Pendengar dan pelaku firman Sedikitnya ada 5 tahapan yang perlu, yaitu:
1) Penyiapan hati agar bersih/ kudus, 2) Mendengar Firman Tuhan dengan baik, 3)Menyimpan Firman Tuhan di dalam hati, 4) Mempersiapkan diri untuk melakukan Firman Tuhan, dan 5) Melakukan Firman Tuhan dalam kerhidupan. Apakah Sdr telah melalui seluruh urutan tahapan tersebut? Apakah semua orang percaya melalui tahapan tersebut dalam hidup mereka?
13.Ibadah yang sejati dan menolong orang susah Sudah jelas definisi agama dinyatakn seperti pada Yakobus 1:27.Apakah Sdr pernah melakukan hal yang diamanatkan dalam nats tersebut, atau pernahkan Sdr menolong orang susah? Bagaimana pendapat Sdr tentang GKI Bogor Baru, apakah sudah melaksanakan ibadahnya dengan menolong sesama?

Sumber: Bahan PA Yakobus-GKI Bogor Baru

 

| A R S I P |

 

 

Copyright © 1999 www.sahabatsurgawi.net
All rights reserved.