HOME

HOME

ABOUT US

KESAKSIAN

AGENDA GEREJA

LINK

CONTACT US

     
 
Pemahaman Alkitab

Bahan PA 7.
“MENGEMBANGKAN PIKIRAN”
(Yakobus 3: 13-18)

 
Praktek hidup sehari-hari, alat, metode, model, pikiran dan filosofi dunia ini begitu mempengaruhi kita. Sehingga kita sering tidak menurut kehendaknya. Kita perlu mengembangkan pikiran dengan hikmat sorgawi! Bagaimana mendapatkannya dan menerapkannya? Mari kita belajar bersama dalam PA kali ini.

PERTANYAAN PENGAMATAN

1.Apakah cara hidup/gaya hidup dari orang yang bijak dan berbudi?(Yak. 3: 13)
2.Sebutkan ciri-ciri hikmat yang bukan datang dari atas (Yak. 3: 14-16).
3.Sebutkan ciri-ciri hikmat yang datang dari atas (Yak. 3: 17).
4.Hal yang dilakukan pada no. 3 adalah buah kebenaran. Buah dari kebenaran mendatangkan apa? (Yak. 3: 18)

PERTANYAAN PENDALAMAN

5.Kata pertama “jika” pada Yak. 3: 14 menunjukkan ada yang kontras dalam dua ayat ini. Apa kontras (yang dipertentangkan) dalam Yak. 3:13, 14.
6.Sebutkan tiga sumber hikmat yang bukan dari atas? (Yak. 3: 15).
7.Yakobus menyebutkan dua contoh dalam Yak.3: 14 dan 16. Apa akibat dari hidup dalam dosa ini?
8.Hikmat yang dari atas (Yak. 3: 17) dipersamakan dengan hikmat yang lahir dari kelemah lembutan (Yak. 3: 13). Apa pengertian lahir di sini?
9.Siapakah yang pembawa damai? (Yak. 3: 18).
10.Apa perbedaan hikmat yang datang dari atas dengan yang bukan datang dari atas berdasarkan ciri-ciri, akibat, sumber dan pelaku?

PERTANYAAN PENERAPAN

11.Yakobus menyatakan bahwa dosa iri hati dan mementingkan diri sendiri membawa kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.Apa yang saudara dapat lakukan untuk membantu saudara mengenali jika dan kapan hal-hal ini menjadi bagian dari hidup saudara dan gereja?
12.Hikmat itu memang anugrah/datang dari atas. Namun mewujudkannya perlu usaha. Apa yang saudara perlukan untuk menjadikan hikmat yang datang dari atas menjadi standard hidup saudara? Bagaimana saudara melakukannya?
13.Bagaimana saudara mengetahui bahwa hikmat/ide yang datang kepada saudara adalah bukan dari dunia ini, diri sendiri atau setan?
14.Bagaimana pikiran dan gaya hidup saudara mencerminkan kemurnian, sikap pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik?

Sumber: Bahan PA Yakobus-GKI Bogor Baru

 

| A R S I P |

 

 

Copyright © 1999 www.sahabatsurgawi.net
All rights reserved.