HOME

HOME

ABOUT US

KESAKSIAN

AGENDA GEREJA

LINK

CONTACT US

     
 
Pemahaman Alkitab
 

APRIL 2016 (II)

Bacaan: Kisah Rasul-rasul  10: 44-48
Tema   :
Hidup Baru yang Baik dan Penuh Damai

Pengantar

Pencurahan Roh Kudus kepada bangsa pagan (non Yahudi) dalam Kisah 10, sangat mirip dengan Pentakosta pertama sepeti yang dikisahkan dalam Kisah Rasul 2. Orang-orang Yahudi bersama Petrus keheranan bahwa orang pagan menerima karunia Roh Kudus yang sama seperti mereka. Orang-orang pagan juga berbicara dalam bahasa-bahasa dan memberitakan mujizat Allah, seperti para rasul. Perbedaannya ialah Pentakosta pertama yang terjadi atas 120 orang tidak menyebutkan adanya air baptis. Setiap orang, sebagaimana 120 orang yang menerima Roh Kudus juga dibaptis sebagai tanda penerimaan dalam jemaat (10: 47-48). Namun, sekali lagi Allah mengambil prakarsa. Tidak seorang pagan pun yang tidak sunat dibaptis, sampai Allah menunjukkan dengan tanpa kelihatan dari bahasa bahwa ia sudah diberi Roh Kudus.

Pemberian Roh Kudus kepada orang pagan mirip dengan apa yang terjadi “pada permulaan” pada waktu  Pentaosta (11: 15). Ini juga untuk memenuhi nubuat Yesus dalam Kisah 11: 16, bahwa “…kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus”.

Pertanyaan untuk digumuli

  1. Saat ini Gereja membutuhkan tenaga yang mempunyai kesadaran tinggi, yang berani menerima Roh Kudus dan mentaati bimbingan-Nya. Gereja membutuhkan orang-orang yang berani berpetualang dengan Kristus di daerah yang tidak terkenal, di lapangan hidup yang tidak teratur, di tengah-tengah dunia yang korup, di tengah-tengah dunia yang jauh dari rasa adil dsb. Orang harus berani menjadi “alat” Roh, yang membiarkan dirinya menjadi tanda kerahiman Allah, yang mampu membawa kebahagiaan dalam kasih. Sanggupkah kita?

 Pdt. Didik Prasetyoadi M.

 

| A R S I P |

 

 

Copyright © 1999 www.sahabatsurgawi.net
All rights reserved.