HOME

HOME

ABOUT US

KESAKSIAN

AGENDA GEREJA

LINK

CONTACT US

     
 
Pemahaman Alkitab
 

JANUARI I

Bacaan : Yesaya 43:1-7.
Tema Bulan Penciptaan: “Kuasa Kristus Memulihkan Semua Ciptaan”.
Tema PA : “Saya dan anda, perlu direhabilitasi!”

Tujuan :

  1. Agar warga jemaat mengetahui bahwa setiap ciptaan-Nya memiliki nilai yang sama.
  2. Agar warga jemaat memahami bahwa untuk menumbuh kembangkan diri, setiap ciptaan membutuhkan bantuan sesama ciptaan-Nya.
  3. Agar warga jemaat melatih diri untuk selalu mencari solusi terbaik agar dapat berfungsi dan berperan positif secara optimal dalam pemulihan (rehabilitasi) bersama.

Keterangan Teks

Pasal 42 berakhir dengan sebuah penderitaan atau dukacita yang dialami oleh Allah atas kerusakan spiritual umat-Nya.

Di Pasal 43, Allah berkata bahwa meskipun spiritual umat-Nya rusak, Ia akan menunjukkan kepada mereka tentang anugerah-Nya yang membawa mereka kembali dari tawanan dan yang merestorasi (memulihkan/memperbaiki) mereka. Ia akan memberi mereka pencurahan kasih dan bukan kemurkaan atau kemarahan. Kemudian dunia akan mengetahui bahwa Allah sendiri yang melakukannya karena cinta kasih-Nya.

Ayat 1-4: Allah menciptakan Israel dan membuatnya spesial (khusus) bagi-Nya, Ia menyebutnya sebagai ‘kepunyaan-Ku’. Allah menyelamatkan Israel dan memanggil serta mengumpulkan mereka menjadi milik-Nya. Allah melindungi Israel di saat-saat sulit. Kita adalah ciptaan-Nya yang berharga dan mulia bagi Allah, Ia juga memanggil serta mengumpulkan kita dan memberi kita nama dengan nama-Nya (43:7)! Bilamana kita dipercaya menyandang nama Allah yang mulia, maka kita harus tidak pernah melakukan sesuatu yang mempermalukan nama-Nya.

Ayat 2: Di saat menyeberang melalui sungai yang sulit atau berbahaya, ada dua (2) hal yang mungkin akan terjadi, yakni bisa menyebabkan seseorang tenggelam atau sebaliknya malah memaksanya menjadi lebih tangguh. Ingat, jika anda mengandalkan kekuatan anda sendiri, anda akan tenggelam. Namun, jika anda mengundang Tuhan untuk menyertai anda, maka Ia akan melindungi anda.

Ayat 3: Allah memberi bangsa-bangsa lain ke Persia sebagai ganti agar bangsa Yahudi dapat kembali ke tanah air mereka. Mesir, Etiopia, dan Syeba (sebagian Arab) menyerang Persia, dan Persia menaklukkan mereka.

Ayat 5-6: Yesaya berbicara terutama tentang kembalinya bangsa Israel dari Babel. Tetapi di situ ada sebuah arti yang lebih luas: Semua umat Allah akan dikumpulkan kembali bilamana Kristus datang untuk memerintah dalam damai atas bumi ini.

Realitas kehidupan kini dan penerapan

  • Manusia menempatkan diri lebih sebagai penguasa atas sesama ciptaan daripada sebagai mitra bagi sesama ciptaan-Nya. Akibatnya, hubungan antara manusia dengan sesamanya manusia dan alam lingkungannya menjadi terganggu bahkan rusak.
  • Kesadaran untuk memperbaiki hubungan tersebut perlu ditingkatkan agar tidak berlanjut terjadinya eksploitasi oleh manusia atas sesama ciptaan-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan untuk digumuli bersama

  1. Di mana letak ‘nilai kesamaan’ semua ciptaan Tuhan Allah? (manusia, binatang, tumbuhan, dan alam/ lingkungan).
  2. Apa yang kita butuhkan agar kita dapat menjadi bagian optimal dari sebuah proses rehabilitasi/ pemulihan, dalam rangka memulihkan semua ciptaan-Nya?
  3. Apakah anda tahu tentang Komnas HAM, KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia), Walhi (Wahana Lingkungan Hidup)? Apa saja yang menjadi perhatian dan kegiatan mereka?
  4. Apakah anda sudah menjadi bagian aktif dari sebuah gerakan rehabilitasi/pemulihan diri, misalnya dengan menjadi pelopor penyayang binatang, penjaga alam, pemelihara tumbuh-tumbuhan, penggerak penghijauan, dan mengikuti kegiatan hemat energi (misalnya ikut ‘earth hour’ = mematikan lampu/listrik selama 60 menit, setiap Sabtu terakhir di Bulan Maret)?

Pdt. Em. Sri Hadijanto.

 

| A R S I P |

 

 

Copyright © 1999 www.sahabatsurgawi.net
All rights reserved.