HOME

HOME

ABOUT US

KESAKSIAN

AGENDA GEREJA

LINK

CONTACT US

     
 
Pemahaman Alkitab
 

MEI 2016 (II)

Bacaan            : Roma 8: 14 – 17
Tema               : Anak-anak Allah yang Menjadi Berkat

Pengantar

“Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.” Ayat yang singkat dari bacaan kita, namun hal ini menjadi ciri khas dari anak Allah yaitu dipimpin oleh Roh Allah. Roh Allah itu juga membuat kita menerima bahwa Allah adalah Bapa kita dan membebaskan kita dari ketakutan.

Disebutkan juga bahwa anak-anak Allah ini adalah ahli waris janji-janji Allah sebagaimana Yesus Kristus, maka kita juga dipanggil untuk ikut bersama dengan Yesus Kristus dalam derita salib dan kemudian menerima kemuliaan juga bersama dengan Dia.

Dalam hal ini Roh Allah mencairkan hubungan antara manusia dengan Allah. Roh Allah yang memimpin pada hubungan yang lebih dalam dengan Tuhan, sehingga hubungan bukan menjadi Tuhan –Hamba, melainkan Bapa– Anak. Kedekatan atau kemesraan inilah yang membuat anak-anak Allah merasa bahwa tempatnya hanyalah bersama dengan Yesus dalam suka dan duka salib.

Hal ini juga yang menjadi tantangan dalam hidup anak Allah, jika Kristus menderita dan mati dikayu salib, juga bangkit dan menerima kemuliaan untuk menjadi berkat yang agung bagi dunia, maka kita bersamaNya juga dipanggil untuk menjadi berkat bagi dunia ini.

Pertanyaan Teks

  1. Dari bacaan di atas apakah yang menjadi ciri khas dari anak-anak Allah?

Pertanyaan Reflektif

  1. Kehidupan beragama pada masa kini di Indonesia tidak sedikit terjadi terror yang memunculkan ketakutan, tempat ibadah ditutup, kekerasan dan sebagainya. Bagaimana sikap anak Allah dalam menghadapi hal ini?
  2. Banyak gereja dan juga jemaat yang takut karena resiko diteror untuk ikut serta dalam pelayanan sosial, pergaulan lintas agama, gerakan-gerakan untuk kemanusiaan. Bagaimana sikap saudara atas pendapat tersebut?

Pdt. Dadi Wirawan

 

                                                                                                          

| A R S I P |

 

 

Copyright © 1999 www.sahabatsurgawi.net
All rights reserved.