HOME

HOME

ABOUT US

KESAKSIAN

AGENDA GEREJA

LINK

CONTACT US

 
Arsip :
 
Renungan Harian
 

ADAGIO, ANDANTE, ALLEGRO

Diterbitkan hari Jum'at, 29 Desember 2017 00:00
Ditulis oleh Reynando Hutabarat
Dibaca: 1280 kali

Baca: Pengkotbah 3:1-15

Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir. (Pengkotbah 3:11)


Bacaan Alkitab Setahun:
Wahyu 17-18


Adagio (lambat), andante (sedang), dan allegro (cepat) adalah tiga tempo dalam orkestra musik klasik. Musik klasik biasanya berdurasi 20-30 menit per judul, yang disebut simfoni. Dalam satu simfoni perubahan tempo bisa terjadi secara acak dan berkali-kali. Dari adagio ke andante, lalu ke allegro, atau sebaliknya. Oleh kepiawaian komposer dalam mengatur tempo, simfoni tersebut terdengar indah di telinga. Suatu ketika, dengan menggunakan gawai, iseng-iseng saya mengganti tempo salah satu simfoni menjadi lebih lambat dan lebih cepat. Hasilnya, simfoni itu jadi aneh dan sangat tidak enak didengar.

Allah, Sang komposer mahaagung, juga menetapkan tempo atau waktu yang tepat untuk semua hal yang terjadi dalam kehidupan saya (ay. 1-15). Dari awal sampai akhir, bahkan sebelum saya lahir dan mengenal Dia, tergubah begitu indah. Namun, saya sering mengacaukan tempo Allah. Saya merusak simfoni-Nya. Saya melecehkan Allah karena merasa mampu membuat karya yang lebih baik dari karya- Nya. Saya tidak menyadari bahwa tempo atau waktu Allah itulah yang paling indah, dan tidak ada manusia yang dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir (ay. 11).

Allah tidak pernah salah dalam menentukan tempo. Manusialah yang merusak tempo itu sehingga hidupnya tidak damai sejahtera. Maka, saya akan memohon bimbingan Allah agar tidak lagi merusak hasil karya-Nya. Kiranya ketika simfoni saya selesai dimainkan, Sang komposer tersenyum puas menyimak hasil karya-Nya.

óREY/www.renunganharian.net


UJIAN TERSULIT DALAM HIDUP ADALAH KESABARAN UNTUK MENUNGGU WAKTU YANG TEPAT


 

 

 

Copyright © 1999 www.sahabatsurgawi.net
All rights reserved.