HOME

HOME

ABOUT US

KESAKSIAN

AGENDA GEREJA

LINK

CONTACT US

 
Arsip :
 
Renungan Harian
 

BALIK ARAH

Diterbitkan hari Sabtu, 03 Jun 2017 00:00
Ditulis oleh Natanael Benino
Dibaca: 762 kali

Baca: Yeremia 8:4-7

Engkau harus mengatakan kepada mereka: "Beginilah firman TUHAN: Apabila orang jatuh, masakan ia tidak bangun kembali? Apabila orang berpaling, masakan ia tidak kembali?” (Yeremia 8:4)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ezra 6-7


Penggunaan Global Positioning System (GPS) atau peta digital sudah sangat lazim saat ini, terutama ketika kita sedang bepergian ke luar kota dan kita sama sekali tidak tahu arah dan jalan-jalan di kota tersebut. Namun kadang-kadang, meskipun sudah ada GPS, kita masih bisa saja tersesat. Tentu saja, penunjuk arah yang terbaik adalah bertanya pada penduduk sekitar.

Pada zaman nabi Yeremia, bangsa Israel juga tersesat. Namun, mereka tersesat bukan karena salah jalan. Mereka tersesat karena jalan hidup mereka menyimpang dari firman Tuhan. Sayangnya, mereka masih tidak mau berbalik arah dan kembali mengikuti jalan Tuhan. Mereka lebih nyaman “terjatuh” dan tidak ingin bangun kembali. Karena itulah, Tuhan, melalui perantaraan nabi Yeremia, memberikan teguran yang keras. Dia bahkan memakai contoh hewan-hewan seperti burung ranggung, burung bangau, dan lainnya untuk menunjukkan kepada bangsa Israel bahwa burung-burung pun tahu musim-musim mereka, kapan harus pergi, kapan harus pulang. Bangsa Israel bukannya tidak mempunyai hukum Tuhan itu. Mereka punya, tetapi sayang, mereka tidak memahami dan melaksanakannya.

Bagaimana dengan kita? Hampir sebagian besar kita pasti punya Alkitab. Bahkan Alkitab bisa dengan mudah diunduh melalui telepon genggam pintar kita. Apakah kita sudah membaca, memahami, dan melaksanakan perintah Tuhan di dalamnya? Apakah selama ini jalan kita tersesat dan sudah berbalik arah? Ataukah kita masih tetap berpaling dari Tuhan?

—NBT/www.renunganharian.net


SAAT KITA SUDAH SALAH ARAH, CARILAH SANG PEMBERI ARAH SEJATI,
AGAR HIDUP KITA TIDAK SEMAKIN TERSESAT


 

 

 

Copyright © 1999 www.sahabatsurgawi.net
All rights reserved.