HOME

HOME

ABOUT US

KESAKSIAN

AGENDA GEREJA

LINK

CONTACT US

 
Arsip :
 
Renungan Harian
 

GAGAK PEMBAWA BERKAT

Diterbitkan hari Minggu, 08 April 2018 00:00
Ditulis oleh Endang B. Lestari
Dibaca: 551 kali

Baca: 1 Raja-raja 17:1-6

Pada waktu pagi dan petang burung-burung gagak membawa roti dan daging kepadanya, dan ia minum dari sungai itu. (1 Raja-raja 17:6)


Bacaan Alkitab Setahun:
1 Samuel 22-24


Gagak adalah burung yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Namun, warnanya yang gelap dan suaranya yang serak menusuk telinga membuat gagak kerap dikaitkan dengan hal gaib. Gagak identik dengan ilmu hitam dan sihir. Di beberapa kebudayaan dan mitologi, burung gagak dikaitkan dengan sesuatu yang buruk. Di Eropa, gagak dipercaya sebagai burung peliharaan penyihir. Di Indonesia, gagak hutan dianggap dapat menjadi pertanda kesulitan yang akan timbul.

Bertolak belakang dengan budaya dan mitologi tersebut, Allah justru memakai burung gagak sebagai penolong bagi Elia. Burung gagak dihadirkan untuk memelihara hidup Elia di masa yang sulit, yakni pada waktu kemarau panjang terjadi. Pada waktu pagi dan petang burung-burung gagak dengan setia membawa roti dan daging untuk Elia.

Mengapa Tuhan memakai burung gagak? Bukankah burung merpati jauh lebih baik? Merpati melambangkan kasih dan ketulusan. Kelihatannya lebih tepat jika Allah mengutus merpati dalam kisah ini. Tiada yang mustahil bagi Tuhan! Burung gagak bisa melakukan hal baik sekalipun bertolak belakang dengan penilaian kebanyakan orang. Binatang yang dikenal sebagai pembawa sial berubah menjadi pembawa berkat. Hal ini terjadi karena kuasa Tuhan.

Berkat tidak tergantung pada sarana yang dipakai-Nya. Sumber berkat hanyalah kuasa Tuhan. Sesuatu yang tampaknya buruk dalam pandangan manusia belum tentu menjadi kutuk. Dengan perkenan Tuhan, segala hal dapat dipakai-Nya sebagai sarana untuk membawa kebaikan.

—EBL/www.renunganharian.net


SESUATU YANG BURUK DI MATA MANUSIA DAPAT MENJADI SUMBER BERKAT DI TANGAN TUHAN


 

 

 

Copyright © 1999 www.sahabatsurgawi.net
All rights reserved.