HOME

HOME

ABOUT US

KESAKSIAN

AGENDA GEREJA

LINK

CONTACT US

 
Arsip :
 
Renungan Harian
 

KEMURAHAN ATAU KEBAIKAN?

Diterbitkan hari Selasa, 06 Jun 2017 00:00
Ditulis oleh Nanik Woelandari
Dibaca: 959 kali

Baca: Lukas 10:30-37

“Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya.” Kata Yesus kepadanya, “Pergilah, dan perbuatlah demikian!” (Lukas 10:37)


Bacaan Alkitab Setahun:
Nehemia 1-3


Seorang motivator mengajak pendengarnya untuk berbuat baik di setiap aspek hidup dan di dalam setiap kesempatan. Kebaikan menurutnya, adalah sikap yang selalu memberi, mengikhlaskan sesuatu demi sesama dan dirinya sendiri. Namun, adakah perbedaan antara kebaikan dan kemurahan? Seseorang menyatakan perbedaan keduanya secara unik: kebaikan adalah teman pada waktu senang; sedangkan kemurahan hati adalah teman pada waktu susah.

Dalam perikop kita kali ini, sebuah contoh kemurahan diperankan oleh orang Samaria, melebihi imam Lewi dan ahli Taurat (ay. 31-33). Dia berhenti dan merawat orang Yahudi yang menjadi korban perampokan tersebut dengan maksimal (ay. 34-35). Di akhir cerita, Yesus pun bertanya kepada pendengar-Nya, siapakah yang layak menyandang predikat sebagai sesama manusia. Jawaban spontan pun muncul, “Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya” (ay. 37a) dan diikuti oleh perintah Yesus, “Pergilah, dan perbuatlah demikian!” (ay. 37b). Menurut Yesus, kemurahan hati adalah lebih dari sekedar kebaikan yang harus kita lakukan.

Salah satu alasan kuat mengapa kemurahan hati adalah karakter yang wajib dimiliki oleh orang Kristen, adalah untuk meneladani Allah yang sudah bermurah hati kepada kita. Hal itu sekaligus menjadi sebuah tanda akan kemurnian dan kesejatian ibadah kita (bdk. Yak. 1:27) serta kehadiran Kristus di dalam diri kita. Tanpa kemurahan hati, kita bukanlah milik Kristus. Sudahkah kemurahan hati menjadi buah yang tetap, yang kita hasilkan sebagai orang Kristen?

—NW/www.renunganharian.net


CARA HIDUP YANG PENUH KEMURAHAN MENUNJUKKAN PEMAHAMAN
YANG CUKUP TENTANG ANUGERAH ALLAH YANG BERLIMPAH ATAS HIDUP KITA


 

 

 

Copyright © 1999 www.sahabatsurgawi.net
All rights reserved.