HOME

HOME

ABOUT US

KESAKSIAN

AGENDA GEREJA

LINK

CONTACT US

 
Arsip :
 
Renungan Harian
 

MEMBACA DENGAN CERMAT

Diterbitkan hari Kamis, 01 Jun 2017 00:00
Ditulis oleh Richard Tri Gunadi
Dibaca: 1253 kali

Baca: Mazmur 119:9-16

Aku hendak merenungkan titah-titah-Mu dan mengamat-amati jalan-jalan-Mu.
(Mazmur 119:15)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ezra 1-2


Berbagai macam berita muncul di internet setiap hari, tetapi tidak semuanya saya baca. Saya hanya memilih topik yang saya sukai dan sedang hangat dibicarakan. Selebihnya, saya membaca sambil lalu. Kalau judulnya menarik, saya baca. Kalau tidak, saya lewati.

Jika hal itu diterapkan dalam membaca Alkitab—hanya memilih dan mencermati bagian yang kita sukai—kita kehilangan manfaat membaca Alkitab. Apa saja manfaat membaca Alkitab itu? Pertama, memotivasi kita mempertahankan kelakuan tetap bersih (ay. 9). Firman Tuhan menunjukkan standar kelakuan yang saleh. Kedua, mendorong kita agar tidak menyimpang (ay. 10). Kita mengerti perintah yang patut kita patuhi dan larangan yang mesti kita jauhi. Ketiga, mendorong kita menyimpan janji Tuhan, supaya jangan berdosa (ay. 11). Keempat, mendorong kita belajar ketetapan-Nya (ay. 12). Kelima, memampukan kita menceritakan segala hukum Tuhan (ay. 13). Keenam, menggembirakan hati karena kita mendapatkan kebenaran yang nilainya jauh lebih tinggi daripada segala harta (ay. 14).

Membaca Alkitab dengan cermat, sungguh-sungguh, dan secara mendalam membuat kehidupan jasmani dan rohani kita sehat, segar, bersemangat, bertumbuh, dan akhirnya berbuah banyak. Berikan waktu khusus untuk membaca Alkitab sehingga kita memahami dan akhirnya dapat menerapkannya. Alkitab bukan sekadar berisi informasi untuk memuaskan rasa ingin tahu kita, melainkan kebenaran yang membuat kehidupan kita mengalami transformasi.

—RTG/www.renunganharian.net


ALKITAB TIDAK MENAWARKAN INFORMASI YANG LEKAS BASI,
TETAPI KEBENARAN YANG MENDATANGKAN TRANSFORMASI ABADI


 

 

 

Copyright © 1999 www.sahabatsurgawi.net
All rights reserved.