HOME

HOME

ABOUT US

KESAKSIAN

AGENDA GEREJA

LINK

CONTACT US

 
Arsip :
 
Renungan Harian
 

MENUTUPI KEKURANGAN

Diterbitkan hari Jum'at, 16 Februari 2018 00:00
Ditulis oleh Richard Tri Gunadi
Dibaca: 1212 kali

Baca: 1 Korintus 13:1-13

Ia menahan segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. (1 Korintus 13:7)


Bacaan Alkitab Setahun:
Bilangan 8-9


Saya memiliki kekurangan, yaitu kurang sabar menghadapi orang yang sulit dan menjengkelkan. Saya tidak mudah memaafkan orang yang berlaku kasar kepada saya atau yang sengaja membuat masalah. Saya mendiamkan mereka. Beruntung saya memiliki kekasih yang melengkapi kekurangan saya. Ia begitu sabar mengasihi orang yang sulit, cepat membereskan konflik, dan memaafkan. Saya belajar banyak darinya dalam hal membereskan konflik. Kekurangan saya ditutupi kelebihannya.

Karena tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, Tuhan mengajarkan kita untuk saling mengasihi. Salah satu definisi kasih ialah menutupi segala sesuatu, termasuk kekurangan kita. Allah menutupi kekurangan Musa yang tidak pandai bicara dengan memberikan Harun sebagai juru bicara. Bahasa Petrus kurang bagus karena ia seorang nelayan. Menurut catatan gereja mula-mula, Markus yang menjadi penerjemah bagi Petrus. Petrus menuturkan pengalamannya, Markus yang mencatatnya sehingga ada Injil Markus. Saulus dan Barnabas dipilih Tuhan untuk memberitakan Injil. Mereka diutus berdua untuk saling melengkapi dan saling menutupi kekurangan mereka.

Memang menutupi kekurangan orang lain merepotkan dan membuat kita harus kehilangan kenyamanan. Namun, itulah bukti iman Kristen. Kristus sudah mengasihi kita lebih dahulu dengan memberikan nyawa-Nya untuk menebus dosa kita, maka kita menunjukkan kasih kepada sesama. Tutupilah kekurangan orang lain dengan kasih yang kita berikan kepada mereka.

—RTG/www.renunganharian.net


KITA BISA MENUTUPI KEKURANGAN ORANG LAIN DENGAN KASIH


 

 

 

Copyright © 1999 www.sahabatsurgawi.net
All rights reserved.