HOME

HOME

ABOUT US

KESAKSIAN

AGENDA GEREJA

LINK

CONTACT US

 
Arsip :
 
Renungan Harian
 

RONGGA KOSONG

Diterbitkan hari Senin, 05 Jun 2017 00:00
Ditulis oleh Lim Ivenina Natasya
Dibaca: 986 kali

Baca: Mazmur 42:1-6

Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah. (Mazmur 42:2)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ezra 10


Menurut Blaise Pascal, ada sebuah ruang kosong ciptaan Allah di dalam diri setiap manusia, yang hanya bisa diisi oleh Yesus Kristus. Sesungguhnya tidak ada satu hal pun yang mampu mengisi ruang kosong tersebut baik harta, kekuasaan, maupun pemuasan keinginan lahiriah.

Pemazmur menyatakan, jiwanya merindukan Tuhan seperti rusa merindukan sungai yang berair (ay. 2). Dalam situasi inilah, Yesus Kristus hadir sebagai jawaban karena Dia telah datang sebagai Air Hidup (Yoh. 4:10) dan Roti Hidup (Yoh. 6:35). Di dalam Yesus, manusia menemukan kepuasan dan kebahagiaan sejati. Menurut nabi Yesaya, jika kita memperhatikan perintah Tuhan, kita akan memperoleh damai sejahtera seperti sungai yang tidak pernah kering dan kebahagiaan seperti gelombang laut yang tidak pernah berhenti (Yes. 48:18). Sebab Tuhan sendirilah yang merupakan sumber damai sejahtera (Rm. 15:33, 16:20).

Bila saat ini kita merasa kekosongan hati yang membuat kita merasa kering tanpa kebahagiaan dan damai sejahtera, berarti kita perlu semakin mendekat kepada Tuhan, agar Dia mendekat kepada kita (Yak. 4:8). Sebaliknya, jika kita menjauh dari Tuhan dengan terus mengejar hal-hal duniawi yang nikmat bagi daging, rongga kosong ini akan semakin melebar, menenggelamkan kepuasan dan kebahagiaan yang seharusnya menjadi bagian kita.

Kita dapat mengundang Tuhan mengisi rongga kosong itu dengan damai sejahtera dan kebahagiaan sejati. Maka, kita akan merasakan kebahagiaan yang tidak lagi tergantung oleh baik-buruknya situasi.

—IN/www.renunganharian.net


KENIKMATAN DUNIAWI MEMBUAHKAN KEKOSONGAN BATIN; TUHAN MENAWARKAN KEPUASAN DAN KEBAHAGIAAN SEJATI


 

 

 

Copyright © 1999 www.sahabatsurgawi.net
All rights reserved.