HOME

HOME

ABOUT US

KESAKSIAN

AGENDA GEREJA

LINK

CONTACT US

 
Arsip :
 
Renungan Harian
 

SUDAH MATANG

Diterbitkan hari Minggu, 25 Februari 2018 00:00
Ditulis oleh Linawati Santoso
Dibaca: 781 kali

Baca: Yakobus 1:2-15

Biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tidak kekurangan apa pun. (Yakobus 1:4)


Bacaan Alkitab Setahun:
Bilangan 28-29


Kita tentu sering menjumpai pohon mangga, bahkan mungkin pohon itu ada di halaman rumah kita. Ketika musim berbuah, buah mangga akan bergantungan di atas pohon. Sang pemilik tentu tidak langsung memetiknya tetapi ia akan menunggu sampai buah-buah itu matang. Terkadang, buahnya juga dibrongsong (dibungkus) agar tidak ada faktor luar yang mengganggu proses pematangannya.

Salah satu buah Roh dalam Galatia 5:22-23 adalah kesabaran. Kesabaran tumbuh dan mengalami pematangan melalui berbagai kesukaran. Itulah sebabnya Yakobus mengajarkan untuk tetap bersukacita ketika berbagai pencobaan datang (ay. 2). Setiap pencobaan atau ujian kehidupan membuat kita bertekun dalam iman dan pengharapan, sehingga kita mengalami kematangan rohani (ay. 3-4). Dalam proses pematangan tersebut, kita tidak ditinggalkan sendiri. Ketika kita habis akal, Allah memberikan hikmat-Nya, yakni petunjuk dan strategi, agar kita menang melawan setiap pencobaan (ay. 5).

Setiap buah akan matang pada pohon dimana buah itu ada. Oleh karena itu, kita perlu mewaspadai agar kehidupan kita tidak berada pada area dimana keinginan pribadi (keegoisan) begitu kuat, lebih kuat dari keinginan untuk memuliakan Allah. Karena apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut (ay. 14-15). Pastikan kita tinggal dalam Kristus, Pohon Kehidupan Sejati, sehingga kita memperoleh kematangan yang sempurna dan menjadi berkat bagi banyak orang.

óLIN/www.renunganharian.net


KUNCI UNTUK MEMPEROLEH KEMATANGAN ROHANI ADALAH KESABARAN SAAT MENJALANI SETIAP PROSES YANG TUHAN IJINKAN TERJADI DALAM KEHIDUPAN KITA


 

 

 

Copyright © 1999 www.sahabatsurgawi.net
All rights reserved.