HOME

HOME

ABOUT US

KESAKSIAN

AGENDA GEREJA

LINK

CONTACT US

 
Arsip :
 
Renungan Harian
 

TAK HANYA FISIKNYA

Diterbitkan hari Selasa, 24 Juli 2018 00:00
Ditulis oleh Samuel Yudi Susanto
Dibaca: 1605 kali

Baca: Lukas 2:21-40

Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan anugerah Allah ada pada-Nya. (Lukas 2:40)


Bacaan Alkitab Setahun:
Amsal 20-23


Umumnya, kelahiran seorang anak di tengah-tengah keluarga dirasakan sebagai sebuah peristiwa yang sangat membahagiakan. Lahirnya seorang anak pasti diharapkan agar nantinya ia dapat menjadi penerus keluarga, harapan masa depan keluarga. Itu sebabnya beberapa orangtua sangat mengedepankan pemeliharaan dan pendidikan sang harapan masa depan itu. Pertumbuhan anak bisa menyangkut segi fisik, mental, dan rohani.

Selayaknya para orangtua pada umumnya, Yusuf dan Maria pun sangat mengutamakan pertumbuhan Yesus. Tidak hanya memelihara fisik-Nya agar bertumbuh baik, tetapi juga sisi rohani-Nya. Kitab Lukas mencatat dengan jelas hasil dari merawat Yesus sejak masa kecil itu dengan nilai-nilai yang sangat positif. Catatan kitab Lukas: Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya, menunjukkan sebuah lukisan yang lengkap tidak hanya pertumbuhan fisik, tetapi juga bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan.

Benar, seorang anak perlu berkembang menjadi besar dan kuat. Namun demikian, kita pun tidak mengesampingkan hal yang lebih utama yakni hikmat. Pertumbuhan fisik dan hikmat seharusnya bertumbuh dengan seimbang. Kiranya didikan yang ditunjukkan Yusuf dan Maria menjadi model keluarga kristiani di zaman ini. Meski tantangan hidup semakin berat dan mendorong kita untuk bekerja lebih keras, kiranya hal itu tidak mengurangi waktu kebersamaan kita untuk terus mengajarkan firman Tuhan bagi buah hati kita.

—SYS/www.renunganharian.net


TIDAK HANYA FISIKNYA SAJA, SEORANG ANAK PERLU MENDAPAT ASUPAN FIRMAN TUHAN UNTUK PERTUMBUHAN HIKMATNYA


 

 

 

Copyright © 1999 www.sahabatsurgawi.net
All rights reserved.